Sukses

Warnet Lebih Jorok Dibanding Toilet!

Sebuah kamar mandi memiliki waktu rutin untuk dibersihkan, sementara keyboard di warnet tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Warung internet alias warnet menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak orang. Jika dahulu warnet kerap disambangi lantaran menjadi tempat khusus yang menawarkan akses internet, kini fungsi warnet telah bergeser menjadi sarang gamer untuk bermain game online.

Sebuah fakta mengejutkan terkait warnet belum lama ini ditemukan oleh UNESCO dan organisasi Palang Merah Tiongkok. Kedua organisasi kesehatan itu menggelar studi terkait kebersihan (sanitasi) di sejumlah warnet game online yang bertebaran di seantero Tiongkok. 

Dan hasilnya cukup 'mengerikan'. Laman Game in Asia melansir, menurut hasil studi tersebut ditemukan fakta bahwa mayoritas keyboard yang berada di warnet mengandung bakteri E. coli 600 kali lebih banyak dari yang biasanya ditemukan di dalam sebuah kamar mandi.

Pihak UNESCO menjelaskan, alasan keyboard di warnet begitu jorok sebenarnya cukup sederhana. Sekotor-kotornya sebuah kamar mandi, setidaknya ada waktu rutin untuk membersihkannya. Sementara keyboard di warnet sama sekali tidak pernah dibersihkan.

Bakteri E. coli (Escherichia coli) sendiri diketahui sebagai penyebab utama sejumlah penyakit pencernaan, terutama diare. Jenis bakteri ini umumnya ditemukan di bahan makanan yang sudah tidak segar.  (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini