Sukses

Pengguna Kaskus Tembus 7 Juta

Secara keseluruhan pengguna Kaskus mencapai 300 juta akun.

Liputan6.com, Jakarta - Kaskus kian membuktikan dominasinya sebagai forum komunitas online terpopuler di Indonesia. Jumlah pengguna diklaim terus meningkat dan saat ini tercatat memiliki lebih dari 7 juta pengguna terdaftar.

Hal itu diungkapkan oleh pendiri sekaligus Chief Community Officer Kaskus, Andrew Darwis. Sementara pengguna terdaftar lebih dari 7 juta, secara keseluruhan penggunanya mencapai 300 juta akun.

"Pengguna terdaftar Kaskus sudah lebih dari 7 juta, tapi kalau digabung dengan kloningan bisa sampai 300 juta karena satu orang ada bisa punya 3 akun," tutur Andrew di Indocomtech 2014, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (2/11/2014).

Kendati pengguna Kaskus terus tumbuh, Andrew mengaku tidak mematok target khusus setiap tahun. Namun dia ingin pengguna Kaskus dapat tumbuh sekira 30 persen setiap tahun.

Seiring dengan pertumbuhan pengguna, katanya, tantangan dalam mengelola forum online juga semakin berat. Terlebih lagi, banyak hal yang diinginkan oleh para pengguna.

"Tantangan semakin berat karena kita juga menampung banyak masukan dari para pengguna. Selain itu, kita juga harus selalu waspada terhadap serangan cyber seperti dari hacker dan spammer. Kalau tidak diatur dan dipantau dengan benar, bisa berantakan," tuturnya.

Kaskus saat ini akan memasuki usia 15 tahun pada 6 November tahun ini. Situs ini didirikan oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.

Untuk ulangtahun kali ini, Andrew mengaku tidak menggelar perayaan secara offline. "Acara tahun ini lebih ke online saja, karena saat ini kita sedang mempersiapkan sesuatu yang besar pada tahun depan," ungkapnya tanpa merinci apa yang sedang disiapkan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.