Sukses

Pendiri Kaskus: Internet Harus Cepat dan Merata

Ia berharap Kemenkominfo di Kabinet Kerja Presiden dan Wakil Presdien Joko Widodo-Jusuf Kalla, bisa mewujudkan internet cepat dan merata.

Liputan6.com, Jakarta - Situs forum komunitas online, Kaskus, sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet (netizen) di Tanah Air. Sebagai salah satu layanan online, kualitas internet tentu saja menjadi salah satu perhatian utama oleh salah satu pendirinya, Andrew Darwis.

Menurut Andrew, yang dibutuhkan oleh para netizen bukan hanya akses internet yang cepat. Melainkan juga merata alias semua wilayah di Indonesia dapat dijangkau oleh internet.

"Internet itu bukan hanya harus cepat, tapi juga merata. Karena saat ini hanya kota-kota besar yang akses internetnya cukup cepat, tapi daerah lain seperti Papua dan tempat tinggal di dekat daerah pegunungan belum merasakan kualitas internet yang cepat," tutur Andrew dalam acara Digital Lifestyle by Kaskus di pameran Indocomtech, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (2/11/2014).

Chief Community Officer Kaskus ini menambahkan bahwa internet adalah salah satu hal terpenting yang dibutuhkan dunia, termasuk Indonesia. Kalau dulu ada ungkapan buku adalah jendela dunia, katanya, sekarang internet juga bisa disebut sebagai jendela dunia karena kita juga bisa mencari tahu tentang berbagai hal lewat internet.

Dituturkannya, akses internet dapat menjadi salah satu alat bagi sejumlah orang seperti nelayan dan petani di desa-desa untuk mengetahui informasi mengenai apa yang akan mereka jual. "Jika akses internet cepat dan merata, dan penggunanya juga ikut meluas, maka orang-orang seperti nelayan dan petani di desa-desa bisa terbantu karena bisa memeriksa harga, sebelum mereka berjualan. Jadi tidak akan dibohongi," sambungnya.

Karena itu, dia berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Kabinet Kerja Presiden dan Wakil Presdien Joko Widodo-Jusuf Kalla, bisa memberikan akses internet cepat dan merata di Indonesia.

"Harapan kita ini juga menjadi bagian dari perhatian Pak Jokowi yaitu infrastruktur internet yang luas dan merata," ungkap Andrew.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.