Sah, Google Pilih Nama Lollipop Untuk Android 5.0

Oleh Denny Mahardy pada 16 Okt 2014, 11:50 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 13:48 WIB
Sah, Google Pilih Lollipop Jadi Nama Baru Android

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki nama yang akan dipilih Google untuk generasi terbaru Android akhirnya resmi diungkap. Setelah sekian lama disebut sebagai Android L, akhirnya nama Lollipop diusung sebagai nama julukan bagi Android 5.0.

Perusahan yang berpusat di Mountain View, California itu sebelumnya diprediksi bakalan memakai nama Licorice dan Lime Miringue Pie (LMP) untuk nama julukan Android 5.0. Lollipop sendiri sudah lama digadang-gadang bakalan jadi nama seri terbaru Android.

Google memang telah terbiasa memakai nama hidangan penutup untuk julukan di tiap versi sistem operasi Android. Serunya, perusahaan itu memilih nama hidangan penutup sesuai urutan abjad seperti Cupcake, Donuts, Eclair, Frozen Youghurt hingga Lollipop.

Secara teknis, Android Lollipop diklaim sebagai rilis terbesar yang dilakukan Google. Sebab, perusahaan itu memberikan perubahan visual yang sangat signifikan di Android Lollipop sejak Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang dirilis pada tahun 2011.

Tak hanya itu, Android Lollipop juga bakalan memberikan jaminan keamanan bagi penggunanya untuk berbagi tablet atau smartphone miliknya dengan orang lain. Penampilan yang dilansir Phone Arena, menunjukkan Google juga memberikan kemampuan integrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch yang lebih baik di Lollipop.

Nantinya Android Lollipop bakalan tersedia pertama kali untuk keluarga baru Nexus yang juga baru diluncurkan seperti Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus player. Google pun menjanjikan Lollipop akan segera hadir untuk Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10 serta perangkat lain berbasis Google Play Edition.