Sukses

Printer 3D Bisa Lahirkan Mobil Listrik

Strati dibuat melalui proses cetak 3D yang memakan waktu 44 jam untuk menghasilkan satu unit mobil.

Liputan6.com, Chicago - Kemampuan mesin cetak (printer) 3D terus dikembangkan agar bisa melahirkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat digital. Salah satu hasil pengembangan printer 3D ialah mobil listrik yang dibuat melalui proses cetak 3D.

Perusahaan yang berbasis di Arizona bernama Local Motors berhasil mengembangkan teknologi cetak 3D untuk mobil. Mereka membuat sebuah mobil listrik yang dinamai Strati dengan kapasitas dua penumpang.

Mengutip laman Mirror, Strati dibuat melalui proses cetak 3D yang memakan waktu 44 jam untuk menghasilkan satu unitnya. Perusahaan itu membuat mobil bertenaga listrik ini dengan material plastik berwarna hitam dicampur serat karbon yang terkenal sangat kuat.

"Kami adalah perusahaan pertama yang mencetak mobil 3D menggunakan serat termoplastik karbon. Kursi, bodi, chassis, dashboard,  konsol tengah dan kap Strati dibuat melalui proses cetak 3D," klaim John Rogers, CEO Local Motors.

Hebatnya, Strati hanya memiliki 49 bagian komponen untuk membuatnya berjalan layaknya mobil normal yang menjadikannya jauh lebih efisien. Jumlah itu berbeda sangat jauh dari mobil konvensional yang memiliki lebih dari 5.000 komponen di setiap unitnya.

Namun, tak semua bagian dari mobil ini dibuat secara pencetakan 3D. Bagian roda, baterai, kabel, suspensi, motor listrik dan window shield di mobil unik ini masih dibuat menggunakan metode konvensional.

Mesin cetak yang dipakai membuat Strati memiliki ukuran jauh lebih besar dari kebanyakan printer 3D yang biasanya berdimensi 10 x 10 inci. Printer yang dibuat Cincinnati Inc. untuk mencetak Strati mampu membuat produk berdimensi 3 x 5 x 10 kaki.

Untuk membuktikan kemampuannya, Local Motors melakukan pencetakan mobil Strati dan menjajalnya di jalanan pada ajang International Manufacturing Technology Show 2014. Acara tahunan itu berlangsung selama enam hari di Chicago, Amerika Serikat yang dimanfaatkan penuh untuk unjuk kebolehan Local Motors.

Rencananya, Strati yang mampu berjalan dengan kecepatan 40 mil per jam itu akan mulai dipasarkan dalam waktu dekat. Banderol 11 ribu poundsterling atau hampir Rp 220 jutaan akan disematkan pada mobil berbahan plastik dan karbon itu. Tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini