Sukses

Ucapan Selamat Idul Adha dan Qurban Banjiri Twitter

Topik ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha bahkan sudah bertengger di daftar trending topic dunia (worldwide) di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1434 H berbeda antara Muhammadiyah dan Pemerintah, hal ini tidak menyurutkan niat para netizen untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada netizen lainnya. 

Menurut pantauan kami hari ini, Minggu (5/10/2014), topik ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha bahkan sudah bertengger di daftar trending topic dunia (worldwide) di situs jejaring sosial Twitter sejak pagi tadi. Ini karena banyaknya pengguna Twitter (tweeple) yang mengucapkan kata tersebut.


Sama halnya di Indonesia, kata 'Selamat Hari Raya Idul Adha' juga menduduki posisi nomor 1 trending topic. Disusul kata Qurban di urutan ke-8 dan Ibrahim di peringkat ke-10.

Kata Ibrahim masuk trending topic karena banyak tweeple yang membahas sikap teladan Nabi Ibrahim yang taat dan tulus mau mengikuti perintah Allah untuk berkorban menyembelih anaknya sendiri.


Pemerintah melalui Kementerian Agama mengungkapkan alasan penetapan Idul Adha pada Minggu 5 Oktober 2014. Kemenag menyatakan kriteria wujudul hilal yang disepakati Negara MABIMS, yaitu dengan tinggi hilal 2 derajat, sudut elongasi 3 derajat, dan umur hilal sudah mencapai 8 jam. Kriteria itu belum terlihat di seluruh Indonesia.

Laporan tidak terlihatnya hilal di seluruh Indonesia menguatkan hasil hisab sehingga umur bulan Dzulqadah 1435 H digenapkan menjadi 30 hari dan 10 Zulhijah bertepatan dengan tanggal 5 Oktober 2014. Di lain sisi, Muhammadiyah menentukan Idul Adha jatuh pada Sabtu 4 Oktober 2014 kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini