Sukses

5 Cara Tingkatkan Daya Baterai Laptop Windows 8.1

Lima (5) tips berikut ini akan membantu Anda meningkatkan daya tahan baterai di laptop Windows 8.1.

Liputan6.com, Jakarta - Daya tahan baterai di laptop Anda bermasalah? Lima (5) tips berikut ini akan membantu Anda meningkatkan daya tahan baterai di laptop Windows 8.1.

Anda bisa melakukannya dengan cara meng-update perangkat lunak untuk memperbaiki bug, menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, mengatur pencahayaan pada layar laptop, dan lain sebagainya.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Update software

Update perangkat lunak

Mengutip laman Cnet, Senin (22/9/2014), Microsoft diketahui secara rutin merilis update software untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru untuk Windows. Dengan memperbarui sistem operasi, semua sistem di laptop Anda akan lebih aman dan terkadang mampu meningkatkan daya tahan baterai.

Untuk memeriksa ketersediaan pembaruan, buka menu `Charms` dengan menggulirkan layar dari kanan ke kiri atau menggerakkan mouse ke sudut kanan bawah layar. Kemudian klik `Settings`, pilih `Change PC settings`> `Updates and Recovery`> `Check for updates`.

Selanjutnya>>>

3 dari 6 halaman

Atur power setting

Modifikasi power settings

Microsoft telah dibundel berbagai pilihan penghematan daya pada Windows 8.1. Pengaturan ini dapat diakses dengan membuka `Control Panel`> `Hardware and Sound`, dan klik `Power options`. Di sini Anda bisa memilih perencanaan daya bawaan dari Microsoft atau Anda dapat memodifikasinya sendiri.

Anda dapat memodifikasi beberapa hal seperti kecerahan layar, ketika layar akan mati, dan ketika komputer akan sleep, dan lainnya. Saat mengklik `Change advanced power settings`, Anda akan menemukan beberapa pilihan kustomisasi yang lebih lengkap.

Selanjutnya>>>

4 dari 6 halaman

Redupkan layar

Redupkan layar laptop

Tampilan pada laptop cukup menguras daya baterai. Ketika Anda memutuskan kabel daya, pilihan terbaik untuk meredupkan kecerahan layar adalah di bawah 50 persen atau tampilan pas untuk mata Anda.

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara menekan menu `Charms` dan pilih `Settings`. Pilihan kecerahan layar ada di atas ikon keyboard dan di samping menu volume.

Anda juga harus menonaktifkan fitur kecerahan otomatis dan lampu latar di keyboard (jika laptop Anda memiliki fitur ini). Untuk melakukannya, pilih `Settings` lalu klik opsi `Change PC settings`> `PC and Devices`> `Display`, dan matikan "Adjust my screen brightness automatically".

Untuk meredupkan lampu latar di keyboard, buka menu `Charms`, klik `Search`, ketik "mobility," dan pilih `Windows Mobility Center`.

Selanjutnya>>>

5 dari 6 halaman

Matikan bluetooth

Matikan Bluetooth

Mouse nirkabel atau speaker yang terhubung dengan koneksi Bluetooth cukup menguras baterai laptop Anda. Untuk menonaktifkan Bluetooth, pilih `Settings`, klik opsi `PC and devices`, dan pilih `Bluetooth`.

Selanjutnya>>>

6 dari 6 halaman

Lepas semua dongle

Lepaskan semua dongle

Seperti halnya Bluetooth, perangkat yang terhubung dengan port USB, seperti flash drive juga dapat menguras baterai laptop. Jika Anda tidak menggunakan dongle atau perangkat USB lain, Anda harus mencabutnya untuk menghemat baterai.

Jika laptop tidak sedang terhubung ke listrik, pengisian smartphone atau tablet melalui port USB juga akan mengurangi daya baterai laptop Anda.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini