Sukses

Layanan Digital Jadi Andalan XL Untuk Raup Untung

Mobile advertising dan ring back tone (RBT) merupakan 'jagoan' dari lini produk layanan digital yang ditawarkan XL.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam perangkat mobile seperti ponsel pintar (smartphone) dan tablet masuk ke Indonesia bak air bah. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para penyedia layanan komunikasi di Indonesia untuk mendapatkan keuntungan.

PT XL Axiata Tbk (XL) bahkan menyediakan direktorat khusus untuk menangani layanan digital. Layanan digital XL menyediakan berbagai bentuk produk seperti mobile advertising, uang digital dan layanan machine to machine.

"Di kuartal pertama 2014, layanan digital kita menyumbang 4% dari total pendapat XL. Kita menargetkan di akhir tahun ini layanan digital akan menyumbang 5% pada seluruh pendapatan perusahaan," kata Revie Silviana, Senior GM Digital Entertainment XL di fX Sudirman, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Diakui Revie, mobile advertising dan ring back tone (RBT) merupakan 'jagoan' dari lini produknya saat ini dengan menyasar pasar di kota-kota Tier II. Usaha kecil menengah (UKM) disebutkan menjadi pasar paling empuk dalam memasarkan produk mobile advertising.

"Sekarang ini UKM sedang gencar jadi pelanggan kita. Penggunanya yang tinggi itu di wilayah Bali, Jogja, Medan dan Makassar," tambah Revie.

Digital Services memang sedang dibangun sebagai tulang punggung operator telekomunikasi dalam meraup pendapatan. XL juga menggaet SK Planet yang piawai dalam bisnis e-commerce untuk menjajaki bisnis digital services berbasis online marketing lewat Elevenia.

Revie menyebutkan Elevenia telah memiliki 12 ribu pedagang dan mendapat kunjungan sebanyak 4,7 juta uniqe visitor tiap bulannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini