Moto G, Smartphone Performa Oke Harga Terjangkau

Oleh Muhammad Rizky pada 12 Agu 2014, 08:36 WIB
Diperbarui 12 Agu 2014, 08:36 WIB
Moto G, Smartphone Murah Tapi Tak Murahan
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tak ingin kalah saing dengan kompetitornya di pasar smartphone, Motorola mengeluarkan smartphone harga terjangkau untuk segmen menengah ke bawah bernama Moto G. Meski harganya terjangkau, namun smartphone ini tidak murahan.

Moto G dibekali spesifikasi yang mumpuni. Smartphone ini digadang-gadang akan menjadi ancaman bagi smartphone lain yang sejenis di kelasnya. Di Indonesia, Motorola memasarkan ponsel pintar ini dengan bekerja sama dengan situs e-commerce Lazada.

Moto G hadir di Indonesia dalam versi Dual SIM dan dua pilihan kapasitas. Versi pertama mengusung kapasitas memori internal 8 GB dengan harga jual Rp 1,9 juta, dan versi kedua yang mengusung memori internal 16 GB dengan harga Rp 2,2 juta. 

Paket penjualan smartphone ini terdiri dari handset Moto G, charger, headset, buku panduan, dan kartu garansi. Seperti apa performa dan `wajah` ponsel pintar ini? Simak reviewnya di sini.



2 dari 6 halaman

Desain dan Bodi

Motorola Moto G
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Desain dan Bodi

Smartphone Moto G ini terlihat cukup tebal, dengan dimensi 129,9 x 65,9 x 11,6 mm dan berat 143 gram. Namun terasa nyaman saat digenggam. Secara keseluruhan, Moto G terbuat dari material plastik.

Bagian belakang ponsel ini (backcover) menggunakan tekstur doff berkaret kesat sehingga terasa lembut dan tidak licin di tangan. Hanya saja, bercak jari tangan sangat mudah tertinggal di backcover ini jika tangan berkeringat, berminyak atau basah. Moto G juga memiliki lapisan anti air.

Dari sisi desain, smartphone ini terlihat sederhana namun tetap elegan. Bagian depan Moto G sangat minimalis, karena hanya ada ada earpiece di bagian atas, serta kamera depan yang diletakkan di sebelah kiri dan juga LED notifikasi.



Di bagian belakang Moto G terdapat speaker, kamera belakang, LED flash, dan logo Motorola. Untuk slot simcard berada di balik backcover. Di bagian atas terdapat colokan audio 3,5 mm dan bagian bawah terdapat port microUSB untuk proses mengisi ulang baterai ataupun kabel data. Sementara tombol power dan tombol volume berada di sisi kanan.

Moto G mengusung layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel yang menghasilkan kerapatan layar mencapai 329 piksel per inci. Dengan resolusi sebesar itu, membuat gambar yang ditampilkan Moto G terlihat tajam dan jernih.

Tidak hanya itu saja, layar Moto G juga dilindungi dengan kaca dari Corning Gorilla Glass yang membuat layarnya tahan terhadap goresan. Layar touchscreen Moto G mempunyai sensitivitas yang baik.

3 dari 6 halaman

Performa

Motorola Moto G
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Performa

Moto G dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 400, dengan kecepatan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 yang mampu memperlancar kinerja smartphone ini dalam menjalankan beragam aplikasi. Bagi Anda yang suka bermain game, Moto G juga didukung GPU Adreno 305 dan RAM berkapasitas 1 GB agar menghasilkan kinerja grafis yang baik.

Performa Moto G semakin mumpuni dengan sistem operasi Android terbaru yang dibenamkan di dalamnya, yaitu Android Kitkat 4.4.2. Kami juga menguji performa Moto G dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark.

Dari pengujian yang dilakukan, skor yang dihasilkan adalah 17477, hampir menyaingi smartphone premium Samsung Galaxy S3 yang memperoleh skor 17956. Bahkan, Google Nexus 4 masih kalah tinggi performanya dibanding Moto G. Nexus 4 hanya meraih skor 16793. Dibanding Redmi (skor 16155), Moto G juga masih lebih unggul.



Untuk sumber daya, disediakan baterai Lithium Ion yang non-removeable berukuran 2.070 mAh yang mampu bertahan selama 24 jam. Untuk konektivitas, Moto G memiliki berbagai pilihan konektivitas seperti WiFi 802.11n dan Bluetooth v4.0. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi dengan NFC.

4 dari 6 halaman

Kamera

Motorola Moto G
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Kamera

Moto G dibekali kamera utama 5 megapiksel (MP) dengan LED flash. Terdapat pula fitur 4X digital zoom, HDR, flash, control focus & exposure, mode slow motion untuk perekaman, panorama, lokasi, aspek rasio, dan suara shutter. Di bagian depan, Motorola menyematkan kamera depan beresolusi 1,3 MP. Untuk mengambil gambar, Anda cukup dengan hanya menahan layar.

Untuk media penyimpanan, Moto G menyediakan dua varian yakni 8 GB dan 16 GB. Varian 8 GB akan memberikan Anda sisa kapasitas sekitar 5 GB yang bisa diisi dengan beragam aplikasi, foto, musik, video, dan file lainnya. Kapasitas ini memang terasa sangat kecil untuk media penyimpanan, ditambah tidak tersedianya slot memori eksternal pada Moto G.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Moto G ini mendukung feature USB host sehingga Anda bisa memanfaatkan fungsi USB on-the-go untuk menghubungkan media simpan eksternal Anda. Anda juga dapat menyimpan data di Google Drive.

5 dari 6 halaman

Spesifikasi

Motorola Moto G
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Spesifikasi

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
SIM Card : Micro-SIM
Dimensi : 129,9 x 65,9 x 11,6 mm
Berat : 143 gram
Display : IPS LCD capacitive touchscreen, 4.5 inci HD 720 x 1280 pixel (~326 ppi), Corning Gorilla Glass 3

Sistem Operasi : Android OS, v4.3 (Jelly Bean) Upgradable Android Kitkat 4.4.2
CPU : Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU : Adreno 305
RAM : 1 GB

Kamera Belakang : 5 MP, autofocus dan LED flash
Kamera Depan : 1,3 MP 
Video : 720p HD video

Memori Internal : 8 GB dan 16 GB
Memori Eksternal : Tidak

Bluetooth : v4.0
Wi-Fi : 802.11 b/g/n
Konektivitas : Micro USB v2.0, USB Host, 3.5 mm Headset jack

Baterai : Lithium Ion non-removeable 2.070 mAh

6 dari 6 halaman

Kelebihan & kekurangan

Motorola Moto G
Perbesar
Motorola Moto G (Liputan6.com)

Kelebihan:

- Sudah menggunakan OS Android Kitkat terbaru
- Harga murah dengan spesifikasi mumpuni
- Performa halus karena didukung Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 dan Adreno 305 serta RAM 1 GB
- Layar tajam dan jernih

Kekurangan:
- Tidak ada slot memori eksternal
- Baterai tidak bisa dilepas (non-removeable)

Kesimpulan

Meskipun termasuk dalam kategori Android kelas menangah dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, Moto G mempunyai keunggulan yang lebih untuk smartphone sejenis di kelasnya. Meski desainnya sederhana smartphone ini terlihat tetap elegan. Resolusi layarnya cukup besar, ini membuat tampilan layar Moto G terlihat tajam dan jernih.

Hanya saja Moto G memiliki kekurangan yakni tidak tersedianya slot memori eksternal untuk tambahan kapasitas media penyimpanan, khususnya versi 8GB. Namun bisa tetap diakali dengan menggunakan layanan media penyimpanan Google Drive atau menggunakan USB on-the-go.

Dengan spesifikasi yang dimiliki Moto G, Moto G layak dimiliki jika Anda menginginkan smartphone dengan kualitas dan spesifikasi yang mumpuni, namun harga terjangkau.

 

Lanjutkan Membaca ↓