Sukses

LeapBand, Gelang Pintar Pemantau Aktivitas Si Kecil

Perangkat kebugaran tak selalunya untuk orang dewasa. Anak-anak juga bisa menggunakannya supaya lebih sehat

Liputan6.com, London - Gelang pemantau aktivitas fisik jadi tren yang sedang berkembang di masyarakat luas, khususnya para penggila teknologi. Berbagai perusahaan pembuat perangkat olahraga, seperti Nike dan Adidas telah mengembangkan produk yang dikenal dengan sebutan smartband.

Perangkat pendeteksi aktivitas kebugaran itu juga ternyata diperluas. Anak-anak dianggap perlu memakai perangkat serupa smartband untuk memantau aktivitas fisik mereka agar bisa lebih mudah dikontrol perkembangan dan kondisi kesehatan badannya.

Smartband anak pertama yang dipasarkan bernama LeapBand. Perangkat ini diklaim akan membentuk kebiasaan bermain dan kesehatan anak melalui aktivitas yang menyehatkan dan bisa dimonitor langsung oleh orangtuanya supaya tetap terjaga dan sesuai dengan kebutuhan.

LeapBand sebenarnya mirip dengan permainan populer asal Jepang Tamagotchi yang diakui pembuatnya telah menginspirasi mereka dalam melahirkan produk. Karakter binatang yang ditampilkan difungsikan sebagai peliharaan sekaligus perangsang agar anak mau beraktivitas.

Dikutip dari Dailymail, Minggu (10/8/2014), LeapBand menyediakan lebih dari 50 tantangan aktivitas fisik yang harus dilakoni penggunanya agar mendapat hadiah untuk hewan peliharaan virtualnya. Orangtua juga dapat menambahkan aplikasi yang ingin diajarkan kepada anak di situs resmi perusahaan pembuat LeapBand.

Gelang kesehatan anak ini  sudah mulai dipasarkan di Inggris dengan harga 29,99 poundsterling atau sekitar Rp 600 ribuan. Target pemasaran LeapBand ialah anak berusia 4-7 tahun yang sedang berkembang dan bisa memahami cara bermain melalui perangkat teknologi.

Meski terkesan bagus, perangkat pintar ini kurang disukai para orangtua untuk anaknya karena dianggap bisa membatasi aktivitas kreatif dan luar ruangan yang biasa dilakukan anak secara alamiah. Belum diketahui apakah LeapBand nantinya akan dipasarkan secara luas ke negara di luar Inggris atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.