Mudik Makin Asyik dengan Zohib Messenger

Oleh Andina Librianty pada 29 Jul 2014, 11:21 WIB
Diperbarui 29 Jul 2014, 11:21 WIB
Mudik Makin Asyik dengan Zohib Messenger (sedang)
Perbesar
Zohib Messenger ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai aplikasi resmi Lebaran Tahun 2014.

Liputan6.com, Jakarta Zohib Messenger adalah salah satu aplikasi pesan mobile yang tengah bersaing memikat perhatian para pengguna. Namun berbeda dengan kompetitornya, Zohib Messenger ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai aplikasi resmi Lebaran Tahun 2014.

Aplikasi buatan anak bangsa ini ditambahkan dengan menu atau kanal khusus informasi mudik lebaran. Dalam menu tersebut, masyarakat atau pemudik mendapatkan pushed info messages berbasis lokasi dalam radius 10 Km seperti kondisi kemacetan lalu lintas atau kecelakaan.

Selain itu, juga tersedia informasi yang bersifat interaktif yaitu lokasi Rumah Sakit, rest area, bengkel, pos polisi dan SPBU dalam radius 10 Km yang ditampilkan secara embedded pada peta/map. Pengguna juga dapat melihat kondisi realtime lalu lintas melalui CCTV yang tersedia dalam radius 10 Km dalam format video atau gambar.

Zohib Messenger saat ini dapat download di Google Play Store untuk smartphone berbasis Android dan di BlackBerry World. Sedangkan untuk iOS akan segera menyusul.

"Dengan dilakukan kegiatan penyebaran informasi lalu lintas pada saat musim mudik ini diharapkan masyarakat akan mendapat kenyamanan dan keamanan sehingga kerugian moril, material dan korban jiwa dapat dikurangi," jelas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu, dalam keterangan resminya.

Adapun fungsi-fungsi aplikasi ini antara lain private chat yang dilengkapi laporan pesan terkirim, serta dapat mengirim dokumen atau file, gambar, video, dan lokasi.

Untuk sistem pertemanannya, pengguna dapat mengundang temannya menjadi Zohib Contact melalui Zohib-ID (semacam PIN BBM). Zohib-ID dapat dibuat sesuai dengan keinginan.

Zohib juga secara otomatis memasukan orang-orang yang mengenal pengguna ke dalam Zohib Contact. Namun fungsi ini hanya berlaku jika pengguna dan temannya saling memiliki nomor ponsel di buku telefon mereka, sehingga dapat secara otomatis dijadikan Zohib Contact. Sedangkan bagi orang lain yang ingin menjadi teman pengguna, maka harus melalui persetujuan terlebih dahulu.

Fungsi lain yang dimiliki Zohib Messenger termasuk Group, Broadcast, status update, dan foto profile. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki iklan berbayar.