Sukses

Rusia Ketahuan Mengedit Laman Wikipedia MH17

Pemerintah Rusia dilaporkan secara diam-diam mengedit laman Wikipedia mengenai insiden MH17.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia kerap dikaitkan dengan insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 dengan rute penerbangan Amsterdam-Kuala Lumpur. Kini Pemerintah Rusia dilaporkan secara diam-diam mengedit laman Wikipedia mengenai insiden MH17.

Dilansir Mashable, Senin (21/7/2014), seorang pengguna internet yang berkaitan dengan Pemerintah Rusia dilaporkan mengubah isi laman Wikipedia mengenai MH17, yang ditembak jatuh di Timur Ukraina, pada pekan lalu. Perubahan ini terungkap oleh bot Twitter yang memonitor pengeditan Wikipedia dari alamat IP Pemerintah Rusia.

Orang yang belum diketahui itu mengubah satu kalimat di laman berbahasa Rusia dalam daftar 'kecelakaan pesawat dalam penerbangan sipil’. Hasil revisinya adalah, "Pesawat ditembak jatuh oleh para tentara Ukraina."

Sedangkan kalimat asli sebelum diubah adalah, "Pesawat ditembak jatuh oleh teroris yang memproklamirkan Donetsk People's Republic dengan misil rudal Buk, yang didapatkan dari Federasi Rusia."

Menurut laporan Telegraph, pengguna internet dari All-Russia State Television and Radio Broadcasting Company (VGTRK) yang membuat perubahan tersebut.

Revisi Wikipedia tersebut bertentangan dengan sejumlah pemberitaan belakangan ini. Pesawat Boeing 777 yang membawa 298 orang ini dilaporkan ditembak jatuh dan saat ini diketahui tidak ada korban yang selamat.

Pihak Amerika Serikat (AS) meyakini bahwa pesawat tersebut ditembak oleh misil separatis pro-Rusia.

Tak hanya itu, Pemerintah Ukraina menuduh pihak berwenang Rusia membantu separatis menghancurkan bukti di tempat kecelakaan. Ukraina juga mengatakan bahwa orang-orang yang membawa tubuh korban memiliki aksen Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini