Sukses

Perusahaan Tower Bersama Berminat Borong Tower XL

Rencana XL untuk melego sebagian menara telekomunikasi (tower) miliknya disambut baik perusahaan tower provider.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) beberapa waktu lalu mengungkap informasi ke publik soal rencana penjualan sebagian menara yang dimilikinya. Rencana penjualan menara XL itu disambut baik PT Tower Bersama Infrastructure Group Tbk.

Perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan menara tersebut mengaku berminat untuk ikut dalam penawaran yang dibuka XL. Operator telekomunikasi 'biru' itu melakukan proses penjualan melalui sistem lelang.

"Kita berminat untuk membeli menara yang dimiliki XL. Sementara ini masih belum tahu berapa yang akan dijual karena proposalnya sendiri belum kita terima," kata Chief Financial Officer TBIG, Helmy Yusman Santoso.

Perusahaan yang tercatat di lantai bursa sebagai TBIG itu mengaku siap membeli jumlah menara XL dalam jumlah besar. XL sendiri diketahui memiliki 7.000 menara yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kalaupun dijual semuanya kita siap buat ambil. Secara tenant-nya kan XL, kita percayalah ya. Tinggal perlu melihat spesifikasi produk dan kualitas yang mau dilelang itu seperti apa," tambah Helmy yang ditemui di Bunga Rampai Resto, Jakarta.

Sayangnya, ketika ditelisik lebih jauh, termasuk berapa jumlah menara yang akan dijual XL, Helmy mengaku tidak bisa mengungkap. Ia mengklaim pihaknya sudah sepakat untuk tidak menginformasikan ke publik hingga pembelinya terpilih.

"Kita sudah tandatangani NDA (non-disclossure agreement) sama XL. Jadi yang bisa kasih informasi terkait penjualan menara ini lebih jauh ya hanya pihak XL sampai pembelinya terpilih," tandasnya.

Penjualan menara memang telah masuk dalam skema usaha XL meraih pendapatan di tahun ini. Perusahaan itu harus mengoptimalkan fasilitas yang dimilikinya setelah mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia dengan nilai US$ 865 juta atau sekitar Rp 9,5 triliun beberapa bulan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini