3 Wanita Terkaya di Industri Teknologi

Oleh Adhi Maulana pada 10 Jul 2014, 07:11 WIB
3 Wanita Terkaya di Industri Teknologi

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa jabatan-jabatan penting di perusahaan raksasa teknologi hingga kini masih didominasi oleh para pria. Namun perlahan-lahan presentase kaum hawa yang berada di jajaran petinggi perusahaan teknologi mulai meningkat. CEO Yahoo, Marissa Mayer bisa dikatakan menjadi salah satu yang terpopuler.

Emansipasi wanita di ranah industri teknologi juga didukung oleh kebijakan yang dirilis oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Presiden Barack Obama bahkan mengimbau langsung agar para wanita lebih terlibat di industri teknolgi, ilmu pengetahuan, teknik, dan matematika.

Berikut adalah daftar 3 bos wanita terkaya di industri teknologi dunia:

2 of 4

Marissa Mayer

Marissa Mayer, Si Cantik yang Berkarir di Dunia Teknologi
CEO Yahoo Marissa Mayer adalah salah satu perempuan terkenal di industri teknologi (foto: mercurynews.com)

3. Marissa Mayer (CEO Yahoo)

Wanita kelahiran Wisconsin, 30 Mei 39 tahun lalu ini memang penuh talenta. Ia termasuk ke dalam 20 karyawan pertama Google di tahun 1999. Dari Google ia sempat menduduki posisi dewan direksi di perusahaan retail terbesar di dunia, Wall Mart. Di tahun 2012, Mayer terpilih sebagai CEO Yahoo.

Di Google, Mayer diketahui menjadi salah satu perintis sejumlah aplikasi penting, seperti Google News, Gmail dan Google Maps.

Sedangkan di Yahoo, sebagai pimpinan Mayer cukup agresif. Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, ia sudah melakukan sekitar 40 akuisisi.

Menurut data yang dimiliki Venture Beat, Mayer kini diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 300 juta.

3 of 4

Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg
(Foto: Forbes)

2. Sheryl Sandberg (COO Facebook)

Sandberg adalah salah satu orang keprcayaan Mark Zuckerberg. Sebelum menjadi COO Facebook, Sandberg sempat berkarir di Asian Finansial Crisis dan menjadi kepala staf sekretaris Presiden Bill Clinton, Larry Summers. Wanita berusia 44 tahun ini juga sempat menjadi Senior Executive di The Washington Post Company.

Sandberg saat ini diperkirakan memiliki kekayaan mencapai US$ 1 miliar. Namanya semakin populer setelah merilis buku bertajuk, Lean In: Women, Work, and the Will to Lead di tahun 2013 kemarin. Kabarnya buku ciptaab Sandberg tersebut akan diangkat ke layar lebar.

4 of 4

Meg Whitman

1. Meg Whitman (CEO HP)

Tak sepopuler Marissa Mayer atau Sheryl Sandberg memang, namun Meg Whitman adalah wanita terkaya di industri teknologi untuk saat ini.

Whitman adalah mantan bos eBay sebelum ditunjuk menjadi CEO HP pada tahun 2011. Wanita kelahiran New York yang kini berusia 57 tahun ini selain dikenal sebagai pebisnis ulung, ia juga terlibat dalam kancah politik Amerika Serikat. Whitman bahkan sempat menjadi calon Gubernur California dari Partai Republik di tahun 2009, meskipun berujung kegagalan.

Total kekayaan Whitman diperkirakan mencapai US$ 1,9 miliar. Kekayaannya itu bakal terus bertambah karena ia dikethui memiliki cukup banyak saham di eBay.

Selain menempati puncak daftar wanita terkaya di industri teknologi. Whitman juga sempat masuk ke dalam daftar wanita terkaya di California, dan 400 orang terkaya versi Forbes.
 

 

Lanjutkan Membaca ↓