Microsoft Segera Rilis Pesaing iPad

Oleh Andina Librianty pada 10 Jul 2014, 12:10 WIB
CEO Microsoft, Satya Nadella

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft kembali dikabarkan akan merilis versi kecil dari tablet Surface. Surface Mini ini diprediksi akan menjadi penantang iPad mini besutan Apple.

Dilansir Business Insider, Kamis (10/7/2014), informasi mengenai Surface Mini disampaikan oleh akun @evleaks. Dalam kicauannya, @evleaks mengatakan bahwa Surface Mini akan diperkenalkan pada musim panas tahun ini.

Meski belum ada konfirmasi resmi, @evleaks memiliki rekam jejak yang cukup bagus mengenai berbagai informasi produk-produk yang belum dirilis.

Tablet ini disebut akan kembali diproduksi, setelah sebelumnya dilaporkan gagal meluncur pada Mei atau Juni 2014. Seperti diketahui, ketimbang merilis Surface Mini yang telah banyak diberitakan, Microsoft memilih memperkenalkan Surface Pro 3 dengan layar 12 inci pada Mei lalu.



Namun tampaknya Surface Mini akan 'lahir' kembali. Menurut Rhoda Alexander, yang mengarahkan penelitian monitor dan tablet di IHS Technology, perusahaannya melihat ada aktivitas dalam rantai pasokan Microsoft untuk produk Surface yang lebih kecil. Tablet ini, katanya, memiliki ukuran layar 7,5 inci.

Jika terbukti hadir, tablet ini diharapkan bisa membantu Microsoft menumbuhkan pangsa pasar. Menurut data IDC, tablet Windows masih berusaha mengejar ketertinggalan dari kompetitornya, iOS dan Android.

Pada 2013, tablet Windows memiliki 3,5 persen pangsa pasa tablet dunia, sedangkan iPad 33,9 persen dan Android 62,3 persen. Sedangkan untuk tahun ini, tablet Windows diprediksi akan memiliki 5,3 persen pangsa pasar, iOS 30,3 persen dan Android 64,4 persen.