Sukses

Coba Saingi Cortana, Prediksi Piala Dunia dari Siri Meleset!

Siri tidak mampu memprediksi setepat Cortana karena Apple memang tidak membekalinya dengan teknologi khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Sejauh ini fitur asisten pribadi di Windows Phone 8.1, Cortana, telah memprediksi 12 pertandingan di Piala Dunia 2014 dan hasilnya adalah 100% tepat.

Tak mau kalah dari Cortana, fitur asisten pribadi besutan Apple, Siri, juga memberikan prediksinya terhadap sejumlah pertandingan babak perempat final Piala Dunia 2014. Namun tak seperti Cortana yang telah dibekali teknologi khusus untuk meprediksi hasil pertandingan, Siri hanya mampu memberikan beberapa jawaban datar.

Dilansir laman The Verge, Selasa (8/7/2014), saat ditanyakan siapa pemenang di pertandingan antara Jerman vs Perancis, Siri hanya menjawab, "Ini sebuah koin tos, jika Anda punya koin, lemparkanlah. Kepala untuk Perancis dan ekor untuk Jerman."

Sementara saat ditanyakan prediksinya untuk pertandingan Brasil vs Kolombia, jawaban Siri meleset. Ia menjawab, "Aku tidak memiliki data yang tepat, tapi aku kira Kolombia memiliki rekor yang lebih baik dari Brasil." Pada kenyataannya Brasil lah yang keluar sebagai pemenang.

Namun untuk pertandingan antara Belanda vs Kostarika, Siri mempu menebak dengan benar. Ia mengatakan, "Tak ada satu pun petunjuk yang membahas pertandingan tersebut, tetapi Belanda memiliki rekor jauh lebih baik dibanding Kosta Rika."

Tentunya Siri tidak mampu memprediksi setepat Cortana karena Apple memang tidak membekalinya dengan teknologi khusus untuk mengkalkulasi hasil pertandingan di Piala Dunia 2014.



Berbeda dengan kemampuan istimewa yang dimiliki Cortana berkat teknologi anyar Microsoft yang disebut Bing Prediction Engine.

Dengan bantuan mesin pencari Bing, Cortana mampu mengkalkulasi kemungkinan pemenang pertandingan berdasarkan rekor pertandingan sebelumnya masing-masing tim, faktor cuaca, jenis rumput, dan faktor tuan rumah (khusus untuk pertandingan Brasil).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.