Sukses

Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Aplikasi di London

Kompetisi ini diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh negara di dunia dengan aplikasi buatannya

Liputan6.com, Jakarta - Putra-putri Indonesia kembali unjuk gigi di kancah internasional. Melalui aplikasi mobile bertema bencana alam, sekelompok mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengharumkan nama bangsa.

Prestasi yang ditorehkan mahasiswa dari kampus di Yogyakarta itu ialah penghargaan Global Winner dalam kompetisi aplikasi mobile yang diadakan Bank Dunia di London, Inggris.
 
"Aplikasi Quick Disaster itu dikembangkan lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada," kata Daniel Oscar Baskoro, Project Manager Quick Disaster seperti dikutip dari Antara.

Selain Daniel Oscar Baskoro, mahasiswa pengembang aplikasi Quick Disaster ialah Zamahsyari, Bahrunnur, Sabrina Woro Anggraini, dan Maulana Rizki Aditama yang seluruhnya merupakan mahasiswa UGM.

Kompetisi ini diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh negara di dunia dengan aplikasi buatannya. Bersyukur tim Quick Disaster sebagai duta Indonesia berhasil melewati proses kompetisi setelah diseleksi awal terpilih sepuluh besar, dan kemudian terpilih menjadi Global Winner.

"Dewan juri pada kompetisi itu terdiri atas sembilan orang yang merupakan kalangan profesional dari berbagai bidang ilmu pengetahuan," tambah Oscar di Yogyakarta.

Ia juga mengungkapkan terpilihnya Quick Disaster meraih Global Winner merupakan hal yang luar biasa dan membanggakan. "Proses riset yang kami lakukan di kampus ternyata dapat membuahkan hasil dan menunjukkan bahwa karya anak bangsa mampu bersaing di tingkat dunia," katanya.

Lebih lanjut, Oscar menyebutkan bahwa aplikasi yang berguna mengantisipasi bencana alam itu dikembangkan pada kacamata pintar buatan Google. Aplikasi yang disematkan pada wearable devices itu telah masuk tahap pengembangan versi 2.0. Semoga saja aplikasi tersebut bisa diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari nantinya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.