Sukses

Jelang Perempat Final Piala Dunia 2014, Ini Prediksi Cortana

Asisten pribadi berbasis suara Windows Phone, Cortana, memprediksi Jerman dan tuan rumah Brasil bakal bertemu di babak semi final.

Liputan6.com, Brasil - Asisten pribadi berbasis suara di sistem operasi Windows Phone 8.1, Cortana, belakangan ini menjelma menjadi ahli sepakbola. Prediksinya terkait sejumlah pertandingan di Piala Dunia 2014 Brasil terbukti tepat, akurasi tebakannya bahkan mencapai 100%.

Setelah sukses menebak dengan benar pemenang di seluruh pertandingan babak perdelapan final Piala Dunia 2014, kini dilaporkan bahwa Cortana sudah merilis prediksi untuk dua pertandingan awal di babak perempat final yang akan berlangsung Jumat, 4 Juli 2014 dan Sabtu, 5 Juli 2014.

Dilansir laman Business Insider, Jumat (4/7/2014), untuk pertandingan perempat final antara Jerman vs Perancis, Cortana memprediksi Jerman akan keluar sebagai pemenang. Sementara untuk pertandingan lainnya yang mempertemukan tuan rumah Brasil vs Kolombia, Cortana memilih Brasil.



Untuk dua pertandingan perempat final lainnya, yakni Belanda vs Kosta Rika dan Argentina vs Belgia, Cortana belum membuat prediksi.

Sebelumnya Cortana mencatatkan rekor 100% tepat saat memprediksi Brasil, Kolombia, Belanda, Kosta Rika, Perancis, Jerman, Argentina, dan Belgia keluar sebagai pemenang dan melenggang ke babak perempat final.

Kemampuan istimewa yang dimiliki Cortana itu sendiri didukung oleh sebuah teknologi anyar Microsoft yang disebut Bing Prediction Engine.

Dengan bantuan mesin pencari Bing, Cortana mampu mengkalkulasi kemungkinan pemenang pertandingan berdasarkan rekor pertandingan sebelumnya masing-masing tim, faktor cuaca, jenis rumput, dan faktor tuan rumah (khusus untuk pertandingan Brasil).



Sebelumnya teknologi Bing Prediction Engine juga sudah pernah diterapkan untuk memprediksi siapa yang tereliminasi di ajang kontes bakat populer, seperti The Voice, Dancing With the Star, serta American Idol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini