Kenalkan.. Ini Kodomoroid, Robot Android Pembawa Berita

Oleh Adhi Maulana pada 26 Jun 2014, 09:16 WIB
Diperbarui 26 Jun 2014, 09:16 WIB
Kodomodroid, Robot Pembawa Berita Berbasis Android

Liputan6.com, Tokyo - Hiroshi Ishiguro, seorang profesor dari Osaka University sukses menciptakan robot pembawa berita pertama yang berjalan di atas sistem operasi Android. Robot itu diberi nama 'Kodomoroid', yang berasal dari kata 'kodomo' yang berarti anak dan 'droid', kependekan dari Android.

Pada sebuah acara pameran di Tokyo National Museum of Emerging Science, Ishiguro menampilkan Kodomoroid untuk membacakan berita tentang bencana alam gempa bumi hingga berita penyergapan FBI. Aksi Kodomoroid membuat para pengunjung pameran tersebut, dan para wartawan yang hadir terkagum-kagum. 

Hebatnya lagi, Kodomoroid juga diciptakan dengan rasa humor. Pada acara itu Kodomoroid sempat menjahili penciptanya sendiri dengan mengatakan, "Anda mulai terlihat seperti robot profesor."




Selain Kodomoroid, Ishiguro juga memamerkan robot Android lain yang diberi nama 'Otonaroid'. Jika Kodomoroid versi anak-anak, maka Otonaroid sesuai dengan namanya, 'Otona' (dewasa), adalah sebuah robot Android dewasa.

"Kita akan memiliki lebih banyak lagi robot di masa depan. Anda dapat menggunakan robot Android ciptaan saya di dalam pesawat, atau di bawa di pundak atau koper Anda," kata Ishiguro seperti yang dilansir laman Sidney Morning Herald.

Dua robot Android itu rencananya akan diperkerjakan di Tokyo National Museum of Emerging Science. Mereka akan berinteraksi dengan pengunjung untuk mengumpulkan data terkait studi yang dilakukan Ishiguro, yakni reaksi manusia terhadap mesin.

Kodomoroid dan Otonaroid sebenarnya bukanlah robot Android pertama ciptaan Ishiguro. Sebelumnya ia diketahui juga telah lebih dulu menciptakan robot Android yang menyerupai dirinya untuk mengisi perkuliahan.