Sukses

Robotik Akan Masuk Kurikulum Pendidikan Indonesia?

Kemampuan anak Indonesia dianggap memiliki potensi besar untuk mengembangkan teknologi robot di dunia pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi menjadi salah satu industri yang cukup berkembang di Tanah Air. Bahkan, Indonesia dinilai sebagai negara potensial untuk mengembangkan teknologi robotik.

Penilaian itu muncul dari Jully Tjindrawan selaku Direktur Robotic Explorer. Ungkapan itu dilontarkan Jully berdasarkan berbagai prestasi yang pernah diraih anak Indonesia di luar negeri.

"Indonesia sangat siap mengembangkan teknologi robot, karena imajinasinya jalan. Padahal latihan hanya dua minggu dengan alat yang minim, tapi Indonesia menang terus," ujar Jully seperti dikutip dari Antara, Selasa (17/6/2014).

Tahun 2015 dianggap Jully sebagai momen yang tepat bagi Tanah Air untuk mengembangkan robot. Bahkan, ia menyebutkan bahwa dunia pendidikan Indonesia agar bisa mengadopsi teknologi robot ke dalam kurikulumnya.

"Sebetulnya sudah ada yang masuk kurikulum, akan tetapi perlu diperdalam lagi sehingga edukasi untuk anak-anak tentang robot bisa semakin dikembangkan," tambah Jully.

Kemampuan Indonesia dalam membuat robot yang melewati labirin dengan cepat tak lagi bisa dianggap remeh. Peserta dari Indonesia kerapkali menempati posisi juara pertama dalam lomba robotik di kategori tersebut.

"Saya berdoa tahun depan Indonesia bisa mengakomodir robot ke sekolah-sekolah," pungkas Jully.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.