Sukses

Debat Capres 2 Bikin Prabowo & Jokowi Jadi Trending Topic

Perbincangan selama berlangsungnya Debat Capres pada tanggal 15 Juni 2014, membuat nama Prabowo dan Jokowi menjadi trending topic.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Debat Capres pertama yang berlangsung panas di Balai Sarbini, Jakarta menjadi perbincangan hangat di jejaring sosial, kini Debat Capres kedua juga tak kalah serunya. Perbincangan selama berlangsungnya Debat Capres tanggal 15 Juni 2014, membuat nama Prabowo dan Jokowi menjadi trending topic.

“Debat Capres kedua, kami melihat perbincangan dibagikan dan meningkat tajam di Facebook khususnya di antara anak muda usia 18 sampai dengan 34 tahun. Nama kedua kandidat Presiden, Prabowo dan Jokowi menjadi trending topic," ujar Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah melalui keterangan resminya, Senin (16/6/2014) di Jakarta.

Sementara itu istilah yang banyak disebut dalam laman `Indonesia Politics and Government List` di Facebook antara lain adalah ‘Capres’, ‘Ekonomi’, ‘Tol Laut’ dan ‘TPID’.

Sejak acara debat pertama, popularitas Prabowo Subianto terus meningkat dan mulai bergerak dari posisi kelima ke posisi keempat politisi yang paling banyak di-‘like’ secara global. Selain itu ada Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Politisi Amerika Serikat Mitt Romney.

Sebelumnya, tim pemantau percakapan media sosial, PoliticaWave juga merilis hasil pembicaraan di dunia maya berkaitan dengan Debat Capres pertama pada 9 Juni 2014. Hasilnya, Jokowi-JK mendapat simpati lebih besar dari masyarakat.

"Dari hasil monitoring PoliticaWave selama debat, periode 20.00–22.00, hashtag percakapan terbesar mengenai dukungan terhadap Jokowi-JK mengenai #PresidenNomor2 dengan jumlah 47.610 percakapan. Sementara percakapan terbesar mengenai dukungan terhadap pasangan Prabowo-Hatta mengenai #PilihankuSatu dengan jumlah 16.003," kata pendiri PoliticaWave Yose Rizal, belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini