Situs Resmi Piala Dunia Diusili Hacker Anonymous

Oleh Adhi Maulana pada 13 Jun 2014, 11:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 11:52 WIB
Hacker Anonymous

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang mengenakkan hadir di sela-sela pagelaran Piala Dunia 2014 Brasil. Laporan yang dilansir Reuters menyebutkan bahwa situs resmi dan situs milik sponsor Piala Dunia 2014 telah diserang oleh kelompok hacker Anonymous. 

Sejauh ini diketahui ada dua situs yang menjadi korban, yakni situs resmi Piala Dunia 2014 milik pemerintah Brasil (www.worldcup2014.gov.br), dan situs Hyundai yang merupakan sponsor resmi ajang empat tahunan tersebut.

Menurut yang dilansir laman Times of India, Jumat (13/6/2014), akun Twitter Anonymous Brasil (@AnonBRNews) mengklaim bahwa kelompok mereka lah pelaku sarangan cyber tersebut. Dan mereka pun menyatakan serangan yang terjadi ini merupakan sebuah permulaan.

Ancaman yang ditebar oleh @AnonBRNews ini ditandai dengan hashtag (tanda pagar) #OpHackingCup. Mereka juga sudah merilis daftar situs-situs terkait Piala Dunia 2014 yang akan menjadi sasaran berikutnya via media sosial Facebook dan Pastebin. Anonymous juga mem-posting video konfirmasi serangan #OpHackingCup di YouTube dalam bahasa Portugal.

Beberapa situs sponsor utama Piala Dunia 2014 yang tercantum dalam daftar tersebut antara lain adalah; Adidas, Emirates airline, Coca-Cola Co dan Budweiser.