10 Kamera Digital Terbaik di Pasaran

Oleh Adhi Maulana pada 05 Jun 2014, 08:31 WIB
Diperbarui 05 Jun 2014, 08:31 WIB
10 Kamera Digital Terbaik di Pasaran
Perbesar
Ilustrasi (parade.com)

Liputan6.com, Jakarta - Meski fitur kamera yang tersedia pada smartphone perlahan-lahan mampu menggeser posisi kamera digital, namun masih banyak orang yang menggemarinya. Para pehobi fotografi dan fotografer profesional masih memilih menggunakan kamera digital, baik jenis DSLR atau pun mirrorless, untuk mengambil gambar.

Bagi Anda yang menggemari perangkat kamera digital, laman Business Insider melansir daftar 10 kamera digital terbaik yang kini beredar di pasaran.

Daftar tersebut merupakan hasil riset situs analisis FindTheBest yang didasari oleh kombinasi penilaian spesifikasi teknis dan ulasan dari sejumlah situs teknologi ternama sepert DPreview, PC Mag, dan Cnet.

Anda pensaran? Berikut daftar 10 kamera terbaik di pasaran.

2 dari 11 halaman

Sony a NEX 5N

Sony a NEX 5N
Perbesar
Sony a NEX 5N

10. Sony a NEX 5N

Jangan tertipu dengan penampilannya yang mungil, kamera ini memiliki kemampuan menghasilkan gambar beresolusi besar. Laman DPreview mengatakan, "jika Anda seorang penggemar fotografi pemula dang menginginkan kamera DSLR berukuran mungil, Sony a NEX 5N adalah piliha paling layak."

3 dari 11 halaman

Sony Alpha SLT-A99

Sony Alpha SLT-A99
Perbesar
Sony Alpha SLT-A99

9. Sony Alpha SLT-A99

Kamera DSLR ini dibekali sensor full-frame bersolusi 24,3 megapixel. Ia dipersenjatai pula dengan opsi ISO mulai dari 100 hingga 6400. DPreview dalam ulasannya menyebutkan bahwa kamera ini memiliki segudang fitur yang mudah dan praktis untuk digunakan.

4 dari 11 halaman

8. Sony a NEX 7

Sony a NEX 7
Perbesar
Sony a NEX 7

8. Sony a NEX 7

Di dalam desainnya yang kompak, Sony menjejali Nex 7 dengan banyak fitur fungsional. Kamera bersolusi 24,3 megapixel ini juga telah mendukung kemampuan merekam video HD 60p. DPreview mencatat kamera ini dibekali akses navigasi yang sangat mudah dipahami.

5 dari 11 halaman

Nikon D600

Nikon D600
Perbesar
Nikon D600

7. Nikon D600

Nikon D600 adalah kamera yang sangat baik, mampu memberikan kualitas gambar menawan berkat fitur sensor full-frame yang ditawarkan. Menariknya, ia dipasarkan dengan harga terjangkau.

Cnet menyebutkan, "Nikon D600 adalah kamera dengan harga yang terjangkau, Anda hanya butuh membeli lensa yang bagus untuk dipadukan dengan kamera ini."

6 dari 11 halaman

6. Nikon D7100

Nikon D7100
Perbesar
Nikon D7100

6. Nikon D7100

D7100 dibekali kecepatan mencari fokus yang luar biasa, desainnya pun sangat apik. DPreview mengulasnya dan menuliskan, "D7100 sangat cocok bagai para fotografer yang menyukai kamera konvensional, kokoh dalam genggaman. Kualitas gambarnya mengesankan."

7 dari 11 halaman

5. Olympus OM-D EM-5

Olympus OM-D EM-5
Perbesar
Olympus OM-D EM-5

5. Olympus OM-D EM-5

OM-D EM-5 adalah kamera mirrorless unggulan yang lensanya dapat diganti-ganti. Cnet tanpa ragu menyebutnya, "jika Anda mencari kamera yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih canggih, OM-D EM-5 adalah pilihan yang tepat."

8 dari 11 halaman

4. Canon EOS 6D

Canon EOS 6D
Perbesar
Canon EOS 6D

4. Canon EOS 6D

Canon  EOS 6D menawarkan kualitas gambar jempolan ditambah dengan fitur-fitur canggih. Salah satu fitur yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pengguna adalah fitur WiFi dan GPS, mode senyap pada shutter, dan kemampuan fokus pada cahaya rendah.

9 dari 11 halaman

3. Canon EOS 5D Mark III

Canon EOS 5D Mark III
Perbesar
Canon EOS 5D Mark III

3. Canon EOS 5D Mark III

PC Mag memberi ulasan, "di sektor desain, Canon EOS 5D Mark III tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, tapi ada banyak perubahan signifikan di dalamnya."

Meski tampilannya mirip dengan pendahulunya, EOS 5D Mark II, pengguna tidak akan kecewa karena perbaikan pada sektor kemampuannya cukup besar, autofocus terasa lebih cepat, resolusi layar LCD lebih baik, dan kinerja yang lebih ringan dan cepat.

10 dari 11 halaman

2. Olympus OM-D E-M1

Olympus OM-D E-M1
Perbesar
Olympus OM-D E-M1

2. Olympus OM-D E-M1

Olympus OM-D E-M1 menjadi kamera terbaik dan mendapat penghargaan Editors' Choice dari PC Mag. Kamera mirrorless ini memang menyasar segmen premium dengan fitur-fitur yang tentunya juga premium.

Beberapa fitur yang diandalkan adalah; pembersih debu otomatis pada sensor, layar berengsel yang dapat dimiringkan, serta ketersediaan filter dan kontrol warna.

11 dari 11 halaman

1. Nikon D4

Nikon D4
Perbesar
Nikon D4

1. Nikon D4

PC Mag, Cnet, dan DPreview kompak menyebut Nikon D4 sebagai yang terbaik. Dengan kecepatan, ketepatan, dan fitur yang sangat banyak, kamera DSLR ini bukan untuk seorang pemula.

PC Mag menuliskan, "Nikon D4 adalah impian para fotografer profesional dengan navigasi yang sangat baik serta fitur mengesankan."

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online