Sukses

Facebook Bantu Cari Bayi yang Diculik

Sekelompok pemuda memanfaatkan jejaring sosial Facebook untuk melacak bayi yang diculik di sebuah rumah sakit di wilayah Trois-Rivieres.

Liputan6.com, Quebec - Empat pemuda asal Quebec, Kanada memanfaatkan jejaring sosial Facebook untuk melacak bayi yang diculik di sebuah rumah sakit di wilayah Trois-Rivieres. Atas inisiatif mereka, bayi yang baru berusia satu hari itu bisa kembali ke pelukan ibunya.

Keempat pemuda yang membantu pencarian bayi malang tersebut diketahui bernama Charlene Plante, Marc-Andre Cote, Sharelle Bergeron, dan Melizanne Bergeron. Mereka mengatakan saat melihat informasi lewat Facebook, wanita yang diduga pelaku penculikan bayi dikenali sebagai tetangganya.

Mereka kemudian menghubungi polisi dan 3 jam setelah penculikan terjadi, pihak berwajib berhasil menemukan bayi dengan selamat. Sebelumnya, sesaat setelah bayi dinyatakan hilang, penculikan itu disebarkan melalui Facebook - termasuk foto tersangka dan rekaman CCTV.

"Mereka adalah empat pemuda yang luar biasa. Mereka berhasil mengenali wanita (penculik) itu melalui Facebook," ujar Melissa McMahon, ibu dari sang bayi yang diculik, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (29/5/2014).

Selain berterimakasih kepada keempat pemuda tersebut, McMahon juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, media, dan kepada siapa saja yang berbagi foto untuk membantu menemukan buah hati mereka melalui Facebook.

Dilaporkan BBC, menurut polisi Quebec, pelaku penculikan adalah seorang wanita berusia 20 tahunan dan sekarang sudah menjadi tahanan polisi. Ia diduga menculik bayi dengan menyamar sebagai perawat dan kemudian membawa bayi itu dengan alasan hendak menimbang berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.