Ingin Jadi Selebtwit? Coba Ikuti Tips Ini

Oleh Andina Librianty pada 16 Jun 2015, 09:50 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:26 WIB
`Indonesia Election Today` Jadi Trending Topic Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial seperti Twitter kini kain populer ditengah semakin besarnya penggunaan internet, tidak hanya di kalangan anak muda, tapi juga orangtua. Bahkan tak jarang popularitas seseorang bermula dari jejaring sosial, seperti selebtwit. 

Selebtwit adalah seseorang yang terkenal di Twitter, dengan ribuan bahkan jutaan follower. Ada berbagai faktor yang mendukung seseorang terkenal di Twitter, seperti dari tweet yang menarik, lucu, menghibur, atau edukatif.

Populer di Twitter juga bisa menjadi 'senjata' untuk berbisnis atau mempublikasikan blog pribadi. Tertarik menjadi selebtwit? Anda bisa mengikuti tips berikut, sebagaimana dikutip dari Wikihow

1. Pilih topik
Twitter adalah situs microblogging dengan batas 14 karakter dalam tiap tweet. Pada dasarnya, pedoman yang sama untuk menjadi bloger populer bisa diimplementasikan untuk menjadi selebtwit.

Anda harus menentukan topik yang ingin dikomunikasikan. Tema yang dipilih harus cukup spesifik dan diharapkan oleh orang-orang. Sebaiknya pikirkan terlebih dahulu bahwa tweet Anda akan menarik perhatian lebih dari 50 pengguna Twitter.

Sebaiknya mulai dengan satu atau dua topik utama yang dilengkapi hastag (#). Jika topik Anda menarik, maka kicauan Anda akan diteruskan oleh para follower.

2. Menarik
Tidak ada salahnya berbagi cerita mengenai kehidupan Anda. Karena ini adalah cara untuk populer. Jika menyampaikan cerita yang bagus, maka kemungkinan para follower Anda akan menantikan cerita lain tentang kehidupan sehari-sehari Anda.

2 of 3

Networking

3. Perluas jaringan
Retweet adalah jurus ampuh lainnya. Anda bisa mencari kata kunci terkait dengan topik yang sedang Anda bicarakan. Ketika Anda menemukan tweet menarik, maka Anda bisa membalas tweet tersebut atau me-retweet.

Dengan demikian, Anda tidak hanya menjalin koneksi dengan pengguna Twitter lain, tapi juga membawa konten yang bagus untuk para follower.

4. Follow seperti 'spammer'
Ketika kualitas tweet telah stabil, Anda harus fokus ke kuantitas. Lakukan pendekatan yang sama dengan spammer. Anda bisa mem-follow akun-akun lain, dengan demikian Anda juga bisa mendapatkan follower baru.

Namun pastikan bahwa jumlah 'following' lebih rendah daripada 'follower'. Hal ini biasanya juga dilakukan oleh para selebriti.

5. Pastikan jumlah follower tidak berkurang
Gunakan layanan yang memberitahu Anda setiap kali ada yang meng-unfollowed. Untuk mempertahankan popularitas, maka jangan mengubah ciri khas di Twitter secara drastis setelah mendapatkan 'kekuatan'. Pasalnya, orang-orang menyukai konsistensi dan mengikuti Anda karena suatu alasan.

3 of 3

Frekuensi Tweet

6. Perhatikan ritme tweet
Setiap kali Anda memposting tweet, maka akan muncul di timeline publik. Meski terlihat eksis, tapi jika terlalu sering maka bisa membuat kesal follower karena mereka akan kesulitan merespon setiap tweet Anda.

Jalan keluarnya, Anda harus tetap membicarakan satu topik dalam satu waktu dan memberikan waktu bagi orang-orang untuk merespon.

7. Kumpulkan follower dari berbagai jejaring sosial
Anda bisa menggunakan Facebook, YouTube, dan jejaring sosial lain untuk mempromosikan akun Twitter. Meminta teman-teman untuk mem-follow Anda di Twitter juga bisa menjaring lebih banyak follower.

8. Partisipasi
Meski sudah terkenal, tidak ada salahnya turut berpartisipasi dalam percakapan follower Anda. Anda juga bisa menggunakan berbagai hastag (#) yang sedang populer.

(din/dew)

Lanjutkan Membaca ↓