Sukses

Motorola Moto E Bikin Vendor Lokal Ketar-ketir

Sebelum Moto E, tidak ada smartphone murah yang menjalankan Android KitKat di India dan hal ini disadari oleh Lava dan Micromax.

Liputan6.com, India adalah salah satu pasar smartphone terbesar di dunia, sehingga persaingan sangat kompetitif. Selain vendor internasional seperti Samsung, Apple, Sony, atau HTC, India memiliki vendor handset lokal yang beberapa di antaranya cukup sukses di negara tersebut.

Namun dua vendor lokal, Lava dan Micromax, dilaporkan khawatir dengan kesuksesan smartphone terbaru Motorola yang diluncurkan hampir dua pekan lalu di India yaitu Moto E. Produk terbaru Motorola ini disebut sebagai salah satu smartphone populer di India saat ini.

Dilansir Phone Arena, Selasa (27/5/2014), yang membuat Moto E banyak dimintai bukan hanya soal harga dengan banderol cukup terjangkau yaitu US$ 120 atau setara Rp1,3 juta. Hal lain yang menarik adalah sederet fitur menarik dan menjalankan sistem operasi (OS) Android KitKat.

Sebelum Moto E tidak ada smartphone murah yang menjalankan Android KitKat di India dan hal ini disadari oleh Lava dan Micromax. Akhirnya, kedua perusahaan memperkenalkan dua handset yang merupakan smartphone Android KitKat pertama mereka.

Smartphone terbaru Lava adalah Iris X1. Perangkat ini mulai tersedia pada 28 Mei dengan harga jual US$ 136. Spesifikasinya antara lain layar IPS 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel, kamera belakang 8 MP, kamera depan 2 MP, prosesor quad-core 1.2 GHz, RAM 1GB, dan memori internal 4 GB.

Sedangkan produk MicroMax adalah Unite 2 dan dijual dengan harga sama seperti Moto E. Handset ini menyuguhkan layar 4,7 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel, kamera belakang 5 megapiksel (MP), kamera depan 2 MP, prosesor quad-core 1,3 GHz, RAM 1 GB, memori internal 4 GB, dan tersedia slot microSD untuk memperluas media penyimpanan.

Sebagai perbandingan, Moto E memiliki layar 4,3 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel, serta didukung kamera belakang 5 MP, prosesor dual-core 1.2GHz, RAM 1 GB, memori internal 4 GB, dan slot untuk microSD dengan kapasitas hingga 32 GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.