Sukses

Microsoft Office Mulai Ditinggalkan Pekerja Kantoran

70 persen pengguna Word dan 30 persen pengguna Excel kini telah beralih ke aplikasi Google Docs.

Liputan6.com, Popularitas software produktifitas Microsoft Office di kalangan pekerja kantoran dikabarkan mulai meluntur. Hasil riset lembaga analisis SoftWatch menunjukkan bahwa para pekerja kantoran kini sudah mulai beralih ke aplikasi alternatif lain, terutama Google Docs.

Mengutip laman Tech World, Jumat (9/5/2014), SoftWatch dilaporkan telah melakukan riset selama tiga bulan di 51 perusahaan dengan jumlah karyawan mencapai 148.500. Hasil riset SoftWatch menyimpulkan bahwa sekitar 7 dari 10 karyawan sudah tidak lagi memanfaatkan aplikasi Microsoft Office untuk mendukung pekerjaan mereka.

Lebih lanjut dijelaskan, hasil riset SoftWatch mengungkapkan rata-rata karyawan tiap harinya hanya menghabiskan waktu selama 48 menit untuk membuka Office, sebagian besar untuk mengecek email via Outlook. Selain mengecek email, pekerja kantoran juga masih sering membuka aplikasi Excel sekitar 8 menit per harinya.

Namun anehnya, aplikasi Word dan PowerPoint yang biasanya kerap diandalkan untuk membantu kebutuhan pekerjaan, kini justru malah menjadi yang paling sedikit digunakan.

Penggunaan Word dan Power Point disebutkan hanya mencapai masing-masing lima menit dan dua menit per harinya. Sekitar 29 persen pengguna Word dan Excel pun disinyalir hanya menggunakannya untuk membuka dokumen, bukan lagi untuk membuat atau mengedit dokumen.

SoftWatch menyatakan, sebanyak 70 persen pengguna Word dan 30 persen pengguna Excel kini telah beralih ke aplikasi Google Docs. CEO SoftWatch Uri Arad bahkan berani mengatakan, "dengan fakta yang ada, SoftWatch tidak ragu lagi untuk mengatakan bahwa saat ini kita telah memasuki masa transisi dari Microsoft ke aplikasi Google yang berbasis cloud."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.