Sukses

Hacker Makin Pintar, Software Antivirus Bakal Punah?

`Dari semua serangan yang terdeteksi, sekarang antivirus hanya bisa menangkap kurang dari setengahnya`

Liputan6.com, Dalam sebuah wawancara bersama The Wall Street Journal, Brian Dye selaku Senior Vice President of Information Symantec, mengatakan bahwa antivirus sebentar lagi akan punah. Ia mengklaim bahwa software antivirus sudah tidak lagi efektif seperti dulu.

"Dari semua serangan yang terdeteksi, sekarang antivirus hanya bisa menangkap kurang dari setengahnya," ujar Dye, seperti dikutip dari Electronista, Rabu (7/5/2014). Untuk itu pihaknya berencana untuk menciptakan alat kemanan yang fokus pada serangan cyber dan malware.

Alih-alih fokus pada serangan cyber dan malware yang dikirim oleh para hacker, Brian berusaha untuk meminimalkan kerusakan ketimbang mencoba untuk mencegah serangan. Dalam hal ini Symantec mulai memasarkan layanan pemulihan dan pencegahan serangan dengan membidik pelanggan korporat.

Namun bukan berarti Symantec akan menghentikan layanan antivirus besutannya, Norton. Pasalnya Norton masih menyumbang lebih dari 40% pendapatan perusahaan. Jika demikian, tentunya Symantec tidak akan `membunuh` Norton begitu saja, melainkan akan lebih meningkatkan sistem keamanan yang lebih powerful.

Banyak pihak yang meragukan pendapat Brian soal software antivirus yang akan punah. Mungkin lebih baik jika Symantec mengedukasi pengguna komputer tentang bahaya mengklik link yang tidak aman dan men-download file yang mencurigakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini