Sukses

Modernisasi Jaringan, Indosat Ingin Dongkrak Layanan Data

Modernisasi jaringan yang dilakukan Indosat diharapkan bisa mendongkrak penggunaan layanan internet pelanggannya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indosat Tbk mulai menunjukkan hasil kerja kerasnya melakukan modernisasi jaringan sejak beberapa tahun lalu. Salah satu pemanfaatan yang diperlihatkan Indosat adalah pengadopsian teknologi DC-HSPA+ (dual-carrier high speed packet access).

Adopsi DC-HSPA+ diklaim Indosat bisa menyediakan akses internet berkecepatan hingga 42 Mbps. Alexander Rusli, President Director Indosat & CEO Indosat mengaku internet cepat terbaru dari perusahaannya merupakan hasil investasi dana yang dikeluarkan pada tahun 2013.

"Kami terus melakukan modernisasi jaringan yang ada supaya kualitas layanan juga meningkat. Investasi untuk modernisasi yang kita pakai sekarang dari anggaran dana tahun lalu," ungkap Alexander yang ditemui tim Tekno Liputan6.com di kantor Indosat, Selasa (6/5/2014).

Sepanjang tahun 2013, Indosat menginvestasikan 70% dana capital expenditure (Capex) miliknya untuk modernisasi jaringan. Dana investasi sekitar Rp 7 triliun untuk modernisasi jaringan itu diharapkan Alexander bisa mendongkrak penggunaan layanan internet pelanggannya.

"Indosat ingin tingkat kepuasan pelanggan meningkat saat memakai internet. Kalau pelanggan puas seharusnya jumlah penggunaan internetnya akan naik yang tentunya bakal pengaruhi pemasukkan kita dari layanan data," tambahnya.

Alexander pun menyebutkan untuk sementara teknologi ini sudah tersedia bagi pelanggan yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Jogjakarta, Surabaya dan Bali.

"Wilayah lainnya akan segera menyusul. Kita akan kejar supaya pelanggan di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi juga bisa segera menikmati layanan internet dengan DC-HSPA+," tambah Alexander di Kantor Pusat Indosat, selasa (6/5/2014).

DC-HSPA+ merupakan salah satu cara memanfaatkan hasil modernisasi jaringan yang sudah dilakukan Indosat. Kehadiran layanan internet cepat ini diharapkan Indosat dapat membuat pelanggannya menikmati live streaming atau menonton video di YouTube dengan lancar.

Hingga akhir tahun 2013, Indosat melayani 59,6 juta pelanggan di seluruh Indosat yang menjadikannya sebagai operator selular berbasis GSM terbesar ketiga di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.