Sukses

Google Bantah Biaya Komponen Google Glass Rp 900 Ribuan

Salah seorang juru bicara Google mengklaim bahwa perkiraan biaya komponen Glass yang hanya US$ 80 salah mutlak.

Liputan6.com, Teardown.com  dari Tech Insight  mengungkap bahwa total biaya komponen untuk merakit satu unit Google Glass diperkirakan hanya US$ 80 (sekitar Rp 920 ribuan). Padahal Google Glass saat ini dipasarkan dengan harga US$ 1.500 (sekitar Rp 17 jutaan) untuk developer.

Menanggapi laporan tersebut, pihak Google langsung membantahnya. Salah seorang juru bicara Google mengklaim bahwa perkiraan biaya komponen Glass yang disampaikan Teardown.com salah mutlak. Namun sayangnya ia menolak berkomentar lebih lanjut.

Meskipun harga Google Glass mahal, patut dipertimbangkan kesulitan yang dihadapi dalam memproduksi komponennya. Komponen display Google Glass misalnya, ukurannya hanya beberapa milimeter tetapi menawarkan resolusi yang cukup tinggi. Pembuatan dan desain komponen ini bisa saja rumit dan mahal.   

Dalam tabel perkiraan biaya yang dirilisnya, Teardown.com memperkirakan biaya display/touchscreen dan kaca Google Glass hanya US$ 3. Namun Teardown.com menekankan bahwa angka-angka itu hanya perkiraan kasar saja berdasarkan analisis cepat, dan bisa berubah jika dieksplorasi lebih menyeluruh.  

Di luar komponen, Wall Street Journal melansir bahwa biaya produksi juga harus dipertimbangkan. Apalagi Google Glass dirakit di California, tenaga kerja di sana tentu lebih mahal dibanding di Asia.

Lalu jangan lupakan biaya desain prototipe dan riset yang melibatkan para engineer pintar dan PhD. Mereka kemungkinan dibayar mahal oleh Google karena riset dan pengembangan Google Glass sudah dilakukan sejak tahun 2011.

Google berharap dapat menjual Google Glass lebih murah pada saat dijual secara massal nantinya. Jika harga terjangkau dan volume produksi tinggi, kemungkinan Google dapat membeli lebih banyak komponen dengan harga lebih rendah.

Menurut yang dilansir Phone Arena, spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa saat dipasarkan secara massal nanti, kacamata pintar Google Glass akan dijual jauh lebih murah dari harga developer saat ini, yakni berkisar US$ 600.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini