Video Call Sudah Ada Sejak 50 Tahun Silam

Oleh Iskandar pada 25 Apr 2014, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2014, 08:00 WIB
Video Call Sudah Ada Sejak 50 Tahun Lalu
Perbesar
mashable.com

Liputan6.com, New York - Setiap hari, sekitar 50 juta orang di dunia disebutkan menggunakan teknologi video call via komputer atau smartphone mereka melalui aplikasi Skype, FaceTime, Google Hangouts, dan perangkat lunak video conference lainnya.

Tapi siapa yang menyangka kalau teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Percakapan video antar benua pertama kali dilakukan pada tanggal 20 April 1964, menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Bell Systems.

Mengutip laman Mashable, Jumat (25/4/2014), percakapan video itu diketahui menggunakan perangkat bernama Bell Mod 1 PicturePhone. Saat itu alat tersebut mampu mengakomodasikan aktivitas video call selama sekitar 10 menit dan ketika itu dipamerkan di ajang World Fair di Meadow Park, New York.

Dalam pameran tersebut, para pengunjung bisa mencoba teknologi itu dengan menghubungi seseorang yang berada di Disneyland, California. Bell Mod 1 PicturePhone sendiri dilengkapi kamera dan sebuah monitor, di mana pengguna bisa melihat lawan bicara dengan format video berkecepatan 30 frame per detik.

Akan tetapi, saat itu gambarnya masih berformat hitam putih. Gambar yang ditampilkan terpampang di layar dengan frame 16 x 21 inci. Dilengkapi pula sebuah tombol untuk memutuskan koneksi video call.

Untuk melakukan video call, waktu itu pengguna dikenai biaya sebesar US$ 16 hanya dalam waktu 3 menit.