Sukses

Android KitKat Tumbuh, Jelly Bean Berkuasa

Meski KitKat mulai tumbuh, Android Jelly Bean sampai saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling populer di ekosistem Android Google.

Liputan6.com, Jakarta Google telah merilis data terbaru mengenai distribusi sistem operasi Android hingga 1 April 2014. Sistem operasi versi terbaru, Android 4.4 KitKat, kini telah dipakai di 5,3% dari semua perangkat Android yang terhubung ke Google Play Store.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibanding awal Maret lalu, saat itu KitKat baru berkontribusi sebanyak 2,5%. Pada awal Februari, kurang dari 2% perangkat yang menginstal KitKat.

Meski KitKat mulai tumbuh, Android Jelly Bean sampai saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling populer di ekosistem Android Google. Ketiga versi Android Jelly Bean masih mendominasi perangkat Android dengan porsi 61,4%. Namun pangsa pasar Jelly Bean memang turun dari sebelumnya 62%, ini karena pengguna Android beralih pada KitKat.

OS Android versi lawas Ice Cream Sandwich dan Gingerbread masih digunakan di perangkat Android dengan porsi masing-masing 14,3 % dan 17,8 %. Android Froyo dan Honeycomb juga masih dipakai meskipun hanya sedikit, dengan prosentase 1,2% jika digabung.

Dibandingkan dengan bulan lalu, semua versi sistem operasi Android pangsa pasarnya mengalami penurunan kecuali KitKat. Google rencananya akan merilis versi terbaru KitKat dengan sejumlah perbaikan bug.

Pangsa pasar KitKat meningkat karena kehadiran sejumlah smartphone baru yang sudah menggunakan Android terbaru KitKat seperti Samsung Galaxy Note 3, Galaxy S5, Moto G dari Motorola dan Google Nexus.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini