Sukses

Microsoft Rela Rugi Demi Goda Pengguna Tinggalkan Windows XP

Sayangnya penawaran ini hanya berlaku untuk pasar Amerika serikat dan Kanada.

Liputan6.com, Dalam kurun waktu kurang dari sebulan lagi, atau tepatnya pada tanggal 8 April mendatang, Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi lawas Windows XP. Berbagai usaha telah dilakukan Microsoft dalam mengimbau pengguna Windows XP agar segera beralih ke sistem operasi yang lebih modern, terutama Windows 8.

Sebelumnya mereka telah memberikan hadiah pada para pengguna Windows XP yang mau beralih sebesar USD 50 atau setara Rp 564 ribu berbentuk gift card. Kabar terkini, perusahaan software terbesar di dunia itu dilaporkan bersedia memangkas harga tablet Surface 2 mereka sebesar USD 100 bagi pengguna Windows XP yang mau meninggalkan OS tersebut dan bermigrasi ke Windows 8.1 dengan membeli Surface 2.

Namun sayang, menurut yang dilansir laman The Inquirer, Selasa (25/3/2014), penawaran ini hanya berlaku untuk pasar Amerika serikat dan Kanada. Langkah ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan perangkat berbasis Windows 8 terutama jajaran tablet Surface yang hingga kini bisa dikatakan masih kalah populer jika dibandingkan dengan iPad besutan Apple.

Sebelumnya Microsoft juga sudah mempersiapkan ultimatum terakhir untuk memperingatkan para pengguna yang masih menggunakan Windows XP. Peringatan ini akan dimunculkan sebagai notifikasi yang akan muncul secara terus menerus di layar komputer pengguna.

Selain Microsoft, penyedia solusi dan layanan keamanan komputasi Help AG juga turut memperingatkan bahaya penggunaan Windows XP bila masa pensiunnya tiba nanti. Mereka menyebutkan bahwa tanpa update keamanan maka Windows XP akan sangat mudah diretas. Terlebih para komunitas hacker diduga telah mengetahui berbagai celah kemanan yang ada pada Windows XP.

Tak hanya Microsoft yang menghentikan dukungan keamanan pada waktunya nanti, Help AG juga menyebutkan bahwa para pembuat anti virus pun sudah tidak akan lagi memproduksi produk keamanan untuk platform Windows XP.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.