Sukses

Masih Memimpin, Lenovo Kuasai 18,5% Pasar PC Global

Berbeda dengan kondisi pasar PC global, di Indonesia Lenovo hanya mampu menempati posisi ketiga di segmen PC.

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun 2013 kemarin, berbagai langkah bisnis dilakukan Lenovo untuk mampu bersaing di pasar smartphone dunia. Meski begitu, produsen perangkat yang berbasis di Beijing, China ini tetap tidak melupakan lini bisnis personal computer (PC) miliknya.

Sebagai bukti, Country General Manager Lenovo Indonesia, Rajesh Thadani mengutarakan bahwa hingga saat ini Lenovo masih menjadi pemain utama di pasar PC dunia. Ia mengklaim Lenovo masih menduduki peringkat pertama produsen PC untuk tingkat global.

"Perangkat mobile adalah pasar yang sangat potensial, namun PC masih akan terus bertumbuh karena konsumen membutuhkannya. Saat ini kami masih jadi monor satu dunia dengan market share 18,5%," ungkap Rajesh di acara Media Roundtable Lenovo Flex Family Line Up & Lenovo Horizon, yang berlangsung hari ini, Selasa (11/3/2014).

Sedikit berbeda dengan kondisi pasar PC global, di Indonesia Lenovo hanya mampu menempati posisi ketiga di segmen PC. Menurut data yang dilaporkan International Data Corporation (IDC), saat ini pasar PC Tanah Air masih dikuasai oleh Acer dengan menguasai 28,9% pangsa pasar.

Sementara di posisi kedua menyusul Asus dengan pangsa pasar sebesar 25,2%. Sementara Lenovo di posisi ketiga memiliki 15,29% pangsa pasar.

Untuk memperkuat lini bisnis PC, laporan Reuters sempat menyebutkan jika Lenovo saat ini sedang terlibat pembicaraan serius terkait kemungkinan proses pengambilalihan unit bisnis PC milik Sony (Vaio). Rumor ini sendiri muncul setelah berhembus kabar yang menyebutkan bahwa Sony tak kunjung mendapatkan keuntungan dari jajaran produk PC seri Vaio.

Namun sayang hingga kini belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak terkait rumor tersebut. Rajesh pun enggan memberikan komentar mengenai kabar itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini