Sukses

Goyangan Gempa Jember Sampai Banyuwangi, Warga Berlarian Keluar Rumah

Gempa berkuatan 6,2 SR, juga dirasakan warga di Kabupaten Banyuwangi. Hampir seluruh kecamatan di kabupaten ujung Timur Pulau Jawa ini juga merasakan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Gempa magnitudo 6,2 di Jember juga dirasakan warga di Banyuwangi. Hampir seluruh kecamatan di kabupaten ujung Timur Pulau Jawa ini juga merasakan.

“Gempanya terasa kuat sekali barusan di sini," ujar Julian warga Kecamatan Kota Banyuwangi, Selasa (6/12/2022).

Getaran gempa yang cukup kuat juga dirasakan Tumari warga Kecamatan Sempu. Bahkan dirinya sempat berlari ke lauar rumah akibat getaran gempa. “Getaranya sangat kuat, sampai keluar rumah saya,”katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Mujito, mengatakan, gempa dirasakan hampir seluruh kecamatan di Banyuwangi.

“Berdasarkan laporan yang masuk ke pusat pengendali operasi BPBD Banyuwangi, ada sekitar 17 kecamatan dari 25 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, melaporkan adanya gempa bumi,”kata Mujito

Meski Demikian, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan  maupun korban jiwa di Banyuwangi akibat getaran gempa tersebut.

“Hasil laporan yang kita himpun belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan, makanya ini kita menerjunakan tim reaksi cepat untuk mendata langsung ke lapangan mungkin ada keruskan maupun korban jiwa ini tim kita masih terus bekerja,” papar Mujito.

Mujito meminta masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada, karena gempa 6,2 SR ini tidak menimbulkan tsunami.

“Tidak perlu panik karena  berdasarkan informasi dari BMKG gempa tidak menimbulkan tsunami,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Potensi Tsunami

Gempa magnitudo 6,2 menggoyang Jember sekitar pukul 13. 07 Wib. Pusat gempa berada di laut, 284 Kilometer Barat Daya Jember, tepatnya 10.75 Lintang Selatan, 113 42 Bujur timur.

“Untuk kedalaman gempa 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami,”ujar Prekirawan BMG Banyuwangi Anjar Triono Hadi, Selasa (6/12/2022).

Kata Ajar, gempa ini dirasakan di Jember, Gubuk Emas , Mataram dan Kepanjen Malang III MMI. Sedangkan di Sumber pucung, Madiun, Ponorogo, Kute, dan Kute Selatan, Bantul, Yogyakarta, Klaten dan Banyuwangi II MMI.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.