Sukses

Mengenal Desa Banjar, Komplek Industri Gula Aren Banyuwangi di Lereng Pegunungan Ijen

Berada tepat di lereng Gunung Ijen, Desa Banjar memiliki luas wilayah mencapai 4,36 km² dengan geografi perbukitan berketinggian sekitar 500 mdpl.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi dikenal memiliki potensi sumber daya alam yang kaya. Selain terkenal karena destinasi wisatanya yang ciamik, produk pertanian dan perkebunannya juga patut diacungi jempol.

Salah satunya berada di Desa Banjar, Kecamatan Licin. Wilayah di Lereng Ijen yang bisa dikatakan menjadi komplek produsen gula aren terbesar di Banyuwangi.

Berada tepat di lereng Gunung Ijen, Desa Banjar memiliki luas wilayah mencapai 4,36 km² dengan geografi perbukitan berketinggian sekitar 500 mdpl.

Padi adalah komoditi yang dominan ditanam oleh masyarakat Banjar. Namun, tidak semua lahan di Desa Banjar menjadi sawah padi. Beberapa lahan juga ditanami komoditas buah-buahan dan kopi.

Selain itu, tanaman yang juga banyak ditemui di desa ini adalah pohon aren. Hal inilah yang kemudian mendorong maraknya produsen gula aren di wilayah Banjar.

Kepala Desa Banjar Sunandi mengatakan, produsen gula aren hampir merata di empat dusun yakni di Dusun Krajan, Dusun Putuk, Dusun Rembang, Dusun Salakan. Total ada puluhan produsen yang hingga kini masih rutin melakukan aktivitas produksi.

Namun yang paling banyak ada di Dusun Rembang. Produksi sudah sejak lama dilakukan dan biasanya berlangsung secara turun temurun.

"Namun skala produksinya masih kecil. Skala industri rumahan," kata Sunardi, Jumat (2/12/2022).

Melalui gula aren ini Desa Banjar kemudian tumbuh menjadi desa otentik lewat tradisi dan berbagai sajian kulinernya. Beberapa sajian yang terinspirasi dari gula aren adalah Kopi Uthek dan Cimplung.

Diawali dari Kopi Uthek. Disebut Kopi Uthek karena biasanya masyarakat menyajikan secangkir kopi pahit dengan gula aren yang terpisah.

Pertama, gula aren digigit. Begitu gula sudah di dalam mulut, kopi pun disruput. Perpaduan keduanya akan menghasilkan cita rasa kopi yang unik nan nikmat. Bunyi "thek" saat menggigit gula aren itulah yang menjadi dasar penamaan Kopi Uthek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kopi Uthek dan Cimplung Kuliner Terinspirasi dari Gula Aren

 

Kemudian ada Cimplung. Bahan dasar kudapan ini adalah singkong atau ketela. Proses pembuatannya biasa dilakukan sembari memasak nira menjadi gula aren.

Proses cukup sederhana yakni, saat nira sudah mulai mendidih dan hampir menjadi pasta gula aren, barulah singkong dicemplungkan. Ketika sudah dirasa matang, kemudian ditiriskan. Diangin-anginkan sebentar hingga gula aren pada permukaan singkong mengeras atau terkaramelisasi.

Di daerah lain, Cimplung cenderung lebih berkuah seperti kolak. Umumnya juga eneg karena menggunakan gula merah biasa sebagai bahan pemanisnya.

Tapi hal itu tidak pada Cimplung Banjar. Karena secara tampilan lebih kering. Rasanya juga pas, karena rasa manisnya murni didapat dari gula aren.

"Masih banyak yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Desa Banjar, Areal persawahan terasiring yang ada di Desa Banjar mirip seperti Ubud di Bali, sehingga menjadi daya tarik wisata tersendiri," tegasnya.

Sementara itu salah satu produsen gula  aren, Suroso (57) mengaku sudah menggeluti usaha ini sejak usia remaja. Ia mewarisi ilmu ini secara turun temurun dari orang tuanya.

Namun memproduksi guka aren bukanlah pekerjaan utama. Ini adalah pekerjaan sampingan, sembari kesehariannya sebagai petani.

"Saya punya beberapa pohon aren, ini yang kemudian saya manfaatkan," ujar Suroso.

Setiap pagi sembari berangkat menuju ladang. Suroso selalu menyempatkan untuk nderes atau dalam kata lain menyadap nira.

Calon buah aren diiris lalu airnya ditampung dalam wadah berbahan bambu petung, dengan panjang kurang lebih 1 meter dan dapat menampung sekitar 3 liter nira.

"Saya berangkat pagi sekitar jam 6 masang wadah lalu sore saya ambil," ujar pria yang beralamat di Dusun Rembang ini.

Nira yang sudah diambil tidak langsung diproses. Nira sementara dikumpulkan hingga jumlahnya cukup baru kemudian diolah.

 

3 dari 3 halaman

Sekali Proses Hasilkan 20 Log Gula Aren

Untuk pengolahan suroso memasrahkan semua pada sang istri bernama Isridah (55). Dari proses memasak di kuali hingga mencetak gula, semuanya ditugaskan kepada istrinya.

"Biasanya produksi dilakukan setiap tiga hari, saat nira yang terkumpul sudah banyak," beber bapak beranak dua ini.

Dalam sekali proses, mampu menghasilkan kurang lebih 20 log gula aren berbentuk tabung dengan panjang kurang lebih 15 cm.

"Jadi tidak dihitung kiloan. Jualnya dihitung bijian. Per log harganya Rp 10 ribu. Jadi 3 hari pendapatan dari gula aren Rp 200 ribu. Kita juga tidak perlu bawa ke pasar biasanya ada pengepul yang ngambil ke sini," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.