Sukses

Gerindra Jatim: Majelis Taklim Bisa Bantu Entas Kemiskinan di Kawasan Tapal Kuda

Politikus muda Gerindra ini menilai massifnya kegiatan majelis taklim di wilayah tapal kuda, khususnya pengajian ibu-ibu bisa dijadikan mitra strategis pemprov atau OPD terkait.

Liputan6.com, Surabaya - Kemiskinan di wilayah tapal kuda Jawa Timur menjadi perhatian serius Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait. Menurutnya, pemprov Jatim harus melakukan terobosan atau berpikir secara out of the box untuk menekan angka kemiskinan di daerah pedesaan di kawasan ini.

Politikus muda Gerindra ini menilai massifnya kegiatan majelis taklim di wilayah tapal kuda, khususnya pengajian ibu-ibu bisa dijadikan mitra strategis pemprov atau OPD terkait. Menurut Fawait, pemprov bisa merangkul majelis taklim, majelis salawat mau pun majelis zikir untuk menekan angka kemiskinan.

"Setelah kami keliling Tapal Kuda apel salawat kebangsaan. Kami melihat ada potensi majelis taklim yang bisa dirangkul pemprov untuk menekan angka kemiskinan," kata pria yang akrab disapa Gus Fawait itu, Jumat (25/11/2022).

Dia menjelaskan, persoalan kemiskinan bukan hanya tanggungjawab gubernur atau bupati. Karena itu harus dicari solusi yang cerdas. Salah satunya, ia berharap pemprov bisa melakukan pembinaan usaha atau pelatihan UMKM lewat majelis taklim. Dengan begitu para ibu-ibu tersebut bisa menjadi produktif.

Fawait melanjutkan, dengan melakukan pelatihan usaha tersebut, para ibu bisa mendapatkan penghasilan tambahan rumah tangga tanpa meninggalkan rumah. Sebab, tugas utama para ibu itu adalah mengasuh dan mendidik anak.

"Dengan adanya pelatihan usaha tersebut, paling tidak para ibu bisa memiliki penghasilan sendiri, di luar penghasil suami. Dengan demikian tingkat kesejahteraan keluarga pun semakin meningkat," ujar Bendahara GP Ansor Jatim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Strategis

Presiden Laskar Sholawat Nusantara itu mengungkapkan peran majelis taklim ibu-ibu sangat strategis. Sebab, pemerintah tak perlu susah payah mengumpulkan massa, karena mereka punya jadwal rutin pengajian.

Pasca pengajian bisa diisi dengan program pelatihan usaha berbasis UMKM. Pemerintah bisa mengoptimalkan potensi di wilayah tersebut untuk dikemas menjadi produk UMKM.

"Kalau di Jember bisa mengoptimalkan potensi edamame, dengan menghasilkan produk olahannya. Atau di daerah lain dengan mengoptimalkan bahan baku yang ada, seperti singkong, pisang, kedelai dan jeruk yang banyak terdapat di tapal kuda," pungkas Gus Fawait. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.