Sukses

Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Probolinggo, Terasa Hingga Situbondo

Gatot mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Liputan6.com, Probolinggo - Wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4.1 pada Rabu (23/11) petang. Gempa juga terasa hingga sebagian wilayah Situbondo.

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi yang memiliki kekuatan Magnitudo 4.1 terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, dan lokasinya di darat 14 kilometer timur Laut Kabupaten Probolinggo, pada kedalaman 6 kilometer.

"Iya benar gempa juga dirasakan beberapa desa di wilayah barat Situbondo (perbatasan Situbondo-Probolinggo)," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan saat dihubungi di Situbondo, dilansir dari Antara.

Menurut dia, gempa yang mengguncang Kabupaten Probolinggo itu juga dirasakan di beberapa desa di Kecamatan Banyuglugur, Jatibanteng dan Sumbermalang.

Untuk informasi sementara, kata Gatot, ada beberapa rumah warga rusak ringan yang disebabkan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Probolinggo tersebut.

"Informasi sementara yang kami terima ada rumah warga yang rusak ringan terkelupas kulit bangunan rumahnya. Sampai saat ini petugas turun ke lapangan melakukan pendataan. Kalau rumah rusak berat sementara belum ada," kata Gatot.

Gatot mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Tapi tetap waspada dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.