Sukses

323 Santri di Jatim Ramaikan Lomba Baca Kitab Kuning

Babak penyisihan atau jadwal seleksi LBKK VI akan dimulai pada tanggal 26 November hingga 3 Desember 2022, yang digelar di 11 kabupaten/kota di Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Panitia Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) VI 2022 yang digelar DPP dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI menargetkan 500 peserta. 

"Panitia menargetkan 500 peserta. Pendaftaran peserta masih dibuka hingga 27 November 2022," kata Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan di Surabaya, dilansir dari Antara, Kamis (17/11/2022).

 Hingga saat ini, sudah ada 323 peserta santri dari berbagai daerah di Jawa Timur yang ikut mendaftar. Ia mengatakan lomba ini rutin digelar setiap tahun untuk menjaga tradisi keilmuan Islam. Ia berharap kegiatan ini dapat melestarikan sanad ilmu agama dari ulama terdahulu.

“LBKK adalah penghormatan kepada tradisi pesantren yang khas Nusantara, yang terbukti telah membawa kedamaian bagi kehidupan beragama dan berbangsa di Indonesia,” ujar pria 46 tahun itu.

Melalui lomba ini pula, Irwan menyampaikan, PKS Jawa Timur ingin mengajak masyarakat menghormati para ulama dan berbagai karya-karyanya yang selalu disusun berdasarkan referensi yang jelas dan bersanad, pemahaman atas kondisi kontemporer saat itu, serta kepentingan perjuangan agama dan masyarakat pada masanya.

“Itulah sebabnya kita mesti memuliakan para ulama yang merupakan pewaris Nabi. Mengikuti dawuh dan arahan mereka dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

11 Kabupaten dan Kota

Babak penyisihan atau jadwal seleksi LBKK VI akan dimulai pada 26 November hingga 3 Desember 2022, yang digelar di 11 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Kabupaten Malang, Kota Blitar, ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, dan Sampang.

Selanjutnya pemenang 1, 2 dan 3 dari babak penyisihan akan mengikuti babak final tingkat wilayah yang akan digelar pada 6 Desember 2022 di Kota Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.