Sukses

Ipuk Sebut Pembangunan Jembatan Putus Akibat Banjir Kalibaru Dianggarkan 2023

Bupati Ipuk mengatakan, pembangunan jembatan permanen penghubung dusun yang putus di Desa Kalibaru Wetan, menjadi salah satu prioritas pada anggaran 2023.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjanjikan pembangunan jembatan putus akibat banjir di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, segera dilakukan.

Bupati Ipuk mengatakan, pembangunan jembatan permanen penghubung dusun yang putus di Desa Kalibaru Wetan, menjadi salah satu prioritas pada anggaran 2023.

"Namun sementara waktu kami akan percepat untuk pembangunan jembatan darurat. Alokasi anggaran pembangunan jembatan sementara sudah ada dari dana BTT (belanja tidak terduga)," kata Ipuk, Kamis (17/11/2022).

Ipuk melanjutkan, berhubung warga di Kalibaru Wetan berinisiatif sudah membangun jembatan darurat secara mandiri, maka selanjutnya akan dilakukan pengecekan oleh Dinas PU CKPP apakah konstruksinya sudah kuat atau tidak.

"Karena ini menyangkut keamanan pengendara. Sebenarnya kita sudah ada anggaran BTT untuk pembangunan jembatan darurat. Mungkin warga tidak sabar menunggu, karena jika menggunakan uang daerah harus ada prosesnya. Tapi tidak jadi masalah, nanti biar di cek oleh Dinas PU," jelasnya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi, Danang Hartanto menambahkan, pengecekan jembatan darurat yang dibangun warga akan dilakukan secepatnya.

"Kita lihat nanti kajiannya, apakah tiga titik jembatan darurat yang dibangun warga itu kuat atau tidak. Karena penahannya masih menggunakan pohon pinang," kata Danang.

Menurutnya, jika nanti jembatan tersebut berdasarkan kajian dinilai kurang aman. Maka penahan di bawah jembatan akan diganti menggunakan besi. Sehingga keselamatan pengendara lebih terjamin.

"Sebetulnya sudah kita order, tetapi masyarakat membuat sendiri dibantu PT KAI dan Perhutani. Namun jika kajiannya tidak kuat, kita ganti menggunakan besi biar tidak keropos terkena hujan dan usia," cetusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Permanen Dibangun 2023

Danang menyebut, pembangunan jembatan permanen akan dilakukan pada tahun 2023. Tidak hanya jembatan putus di wilayah Kalibaru, melainkan juga di sejumlah titik di Banyuwangi.

Seperti jembatan di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, yang kemarinnya menjadi salah satu penyebab banjir, termasuk jembatan gantung penghubung dua dusun di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, yang baru-baru ini ambruk usai tergerus luapan Sungai Karang Tambak.

"Kalau total pembangunan jembatan, kemarin kami hitung ketemu Rp 25 miliar untuk di satu kabupaten. Namun, terbaru jembatan di Desa Kandangan juga ambruk. Pastinya ada tambahan anggaran," tutup Danang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.