Sukses

Pohon Tumbang Telan Korban Jiwa, BPBD Kota Malang Minta Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Prayitno menjelaskan, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang, masyarakat diminta untuk tidak melintas ke area yang banyak pepohonan.

Liputan6.com, Malang - Pohon tumbang akibat hujan deras di Kota Malang merenggut korban jiwa. Satu orang warga dilaporkan meninggal akibat tertimpa pohon tumbang saat melintas di Jalan Mayjend Sungkono.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Malang meminta masyarakat di wilayah tersebut mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca saat musim hujan.

Kepala BPBD Pemkot Malang Prayitno mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, intensitas hujan disertai angin kencang di wilayah setempat cukup tinggi sehingga menyebabkan banjir dan ancaman pohon tumbang.

"Saat ini fenomena alam sedang ekstrem, masyarakat harus waspada," katanya, Jumat (11/11/2022).

Prayitno menjelaskan, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang, masyarakat diminta untuk tidak melintas ke area yang banyak pepohonan. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya korban akibat kejadian pohon tumbang.

Selain itu, kata dia, pada saat hujan deras disertai angin kencang juga diharapkan masyarakat bisa menunda perjalanan terlebih dahulu sampai hujan mereda. Kemudian, masyarakat yang tinggal di sekitar Daerah Alirasn Sungai (DAS) Brantas juga harus waspada.

"Masyarakat yang ada di DAS Brantas, juga harus tetap waspada. Kami mengimbau, saat hujan deras jangan keluar rumah dahulu sampai hujan mereda," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.