Sukses

Warga Banyuwangi Temukan Relief Kuno Saat Gali Tanah di Kebun

Batu selanjutnya diterima oleh Tim Arkeolog Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Bayu Ari Wibowo. Bayu mengatakan, dilihat dari bentuknya itu merupakan relief tumpal.

Liputan6.com, Banyuwangi Sebuah batu diduga relief kuno ditemukan di Desa Bareng, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Batu kapur berukuran 36 cm x 9,2 cm, tebal 8 cm bemotif tumpal itu ditemukan di kebun milik warga. Batu selanjutnya diserahkan ke pihak pemerintah desa setempat untuk diamankan.

Kepala Desa Bareng Saroni mengatakan, batu ditemukan warga yang saat penggalian di kebun. Kala itu, warga heran lantaran batu itu memiliki motif aneh. Dirasa bukan batu biasa warga kemudian membawa temuan itu ke kantor desa.

"Selanjutnya untuk analisis, saya menyerahkan batu berelief tumpal tersebut kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi," kata Saroni, Rabu (9/11/2022).

Batu selanjutnya diterima oleh Tim Arkeolog Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Bayu Ari Wibowo. Bayu mengatakan, dilihat dari bentuknya itu merupakan relief tumpal.

"Batu kapur kuno yang sama dengan batu kapur yang ditemukan di situs Macan Putih Kecamatan Kabat." ungkap Bayu.

Namun terkait fungsi, keletakan dan kesejarahannya, Bayu mengaku membutuhkan analisis lebih lanjut.

"Setelah kami ketahui ukurannya, selanjutnya akan kami lakukan analisis lebih lanjut agar memperjelas fungsi dan kesejarahan batu ini," pungkas Bayu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjunkan Peneliti

Pemerintah Banyuwangi, tidak menutup kemungkinan akan menerjunkan peniliti untuk penelitian lebih lanjut terhadap benda yang dipekirakan benda kuno peninggalan sejarah tersebut.

“Kami menghimbau masyarakat jika menemukan benda serupa jangan dibuang, dirusak apalagi dijual ke orang lain. Karena ini merupakan peninggalan sejarah yang sangat berguna untuk anak cucu kita,”pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.