Sukses

264 Keluarga Penyintas Semeru Terima Kunci Hunian Tahap Kelima

Sebanyak 264 Kepala Keluarga Penyintas Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru menerima kunci hunian relokasi tahap 5 di Kawasan Relokasi Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Kamis (27/10/2022).

Liputan6.com, Lumajang Sebanyak 264 kepala keluarga penyintas rrupsi Gunung Semeru menerima kunci hunian relokasi tahap lima di Kawasan Relokasi Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Kamis (27/10/2022).

Kunci tersebut diserahkan simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono.

Menurut Agus, hunian yang diserahkan itu sudah termasuk perabotan rumah tangga termasuk peralatan masak, kursi dan meja tamu dan beberapa perlengkapan keluarga lainnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat yang sudah menerima hunian relokasi, bisa merawat hunian tersebut dengan baik dan tidak dipindahtangankan.

"Saya berharap kepada penerima huntap dimohon merawat hunian tetap yang sudah dibagaikan, jangan diperjualbelikan," harapnya.

Ia menambahkan, bahwa masyarakat yang sudah menerima hunian relokasi, masih bisa memanfaatkan lahan perkebunan atau persawahan di area terdampak erupsi Gunung Semeru, sebagai lahan untuk berwirausaha ataupun mendapatkan penghasilan dari lahan tersebut.

Hingga saat ini, total 907 KK sudah menerima hunian relokasi yang terbagi dalam 5 tahap. Tahap pertama diserahkan sebanyak 130 unit, tahap kedua sebanyak 202 unit, tahap ketiga sebanyak 113 unit, tahap ke empat sebanyak 198 unit dan tahap ke lima sebanyak 264 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rampung Akhir 2022

Dengan demikian, sudah hampir setengah dari total keseluruhan masyarakat penyintas Erupsi Gunung Semeru sudah menerima hunian di kawasan relokasi. Sisanya, ditargetkan akan rampung pada akhir 2022.

“Sudah setengah masyarakat terdampak erupsi Gunung Semuru menerima hunian. Isnya allah sisanya  menerima hunian pada akhir tahun 2022 ini,”pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.