Sukses

Hujan Deras Jadi Penyebab Tanah Gerak yang Rusak Rumah Warga Trenggalek

Diduga, pergeseran tanah itu menyebabkan fondasi bangunan yang ada di atasnya ikut tertarik dan menyebabkan sedikitnya tujuh rumah retak-retak di bagian lantai dan dinding.

Liputan6.com, Tulungagung - Bencana tanah gerak membuat sejumlah rumah warga Desa Talun Kulon, Kabupaten Tulungagung mengalami retak-retak. Kejadian itu diduga karena hujan yang membuat kondisi tanah di daerah tersebut menjadi labil sehingga menyebabkan tanah bergerak.

"Hujan menyebabkan tanah di daerah ini labil dan berdampak terhadap bangunan yang ada di atasnya," kata Kepala Desa Talun Kulon Surayi di Kecamatan Bandung, Tulungagung, Jawa Timur, dilansir dari Antara, Rabu (19/10/2022).

Dari kejadian tanah bergerak tersebut, belum ada laporan terjadi tanah longsor. Meski begitu, sejumlah rekahan tanah tak jauh dari hunian warga.

Diduga, pergeseran tanah itu menyebabkan fondasi bangunan yang ada di atasnya ikut tertarik dan menyebabkan sedikitnya tujuh rumah retak-retak di bagian lantai dan dinding. Bahkan satu bangunan dapur milik warga ada yang roboh pada Selasa (18/10) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Retakan pada bangunan yang roboh ini sudah muncul sejak sepekan sebelumnya, dan kini menjalar hingga ke bangunan utama. Bahkan pondasi yang menghubungkan antara bangunan dapur dan utama juga patah.

"Sudah ada tanda retak di bangunannya dan semalam ambruk, yang roboh ini hanya bangunan dapur," kata Kades Surayi.

Hingga berita ini ditulis, terdata ada tujuh rumah warga yang mengalami retak-retak cukup parah pda bagian dinding dan lantai. Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Pemkab Tulungagung melalui kantor Kecamatan Bandung.

"Sementara ini, kami masih menunggu rekomendasi dan penelitian terkait kondisi tanah yang terjadi bencana tanah gerak. Jika tanah masih dinyatakan layak untuk dibangun maka kita akan menggerakkan warga untuk proses renovasi, tapi jika tidak layak ini yang kita masih bingung," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunggu Hasil Kajian

Dikonfirmasi terpisah, Camat Bandung Chanif Jatmika menerangkan pihaknya telah melakukan pemetaan terkait bencana di desa tersebut.

Pihak kecamatan juga telah melakukan komunikasi dengan instansi terkait membahas bencana tanah gerak yang terjadi ini.

Menurutnya yang jadi permasalahan saat ini adalah hasil kajian terkait kondisi struktur tanah tersebut. "Kami masih menunggu hasil kajianya, kalau bantuan material dari pihak BPBD siap membantu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.