Sukses

Pemkot Surabaya Siap Turunkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam di Jatim

Dari hasil koordinasi awal, Wali Kota Eri mengatakan, bahwa saat ini kebutuhan di lokasi bencana Jatim adalah berupa selimut dan makanan. Sedangkan kebutuhan terkait obat-obatan, sudah dipenuhi dari pemerintah pusat.

Liputan6.com, Surabaya - Terjadi sejumlah bencana alam di beberapa wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) akibat dari perubahan cuaca yang ditandai dengan hujan deras dan angin kencang seperti di Pacitan, Trenggalek, Malang hingga Blitar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur menyatakan siap mengirimkan alat berat dan Sumber Daya Manusia (SDM) apabila dibutuhkan untuk membantu korban bencana alam di beberapa daerah di Jawa Timur.

"Sekarang ini, kami masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait apa saja kebutuhan di lokasi bencana," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, dilansir dari Antara, Rabu (19/10/2022).

Menurut dia, saat ini, koordinasi masih terus dilakukan untuk memastikan apa saja kebutuhan yang mendesak di lokasi bencana.

Dari hasil koordinasi awal, Wali Kota Eri mengatakan, bahwa saat ini kebutuhan di lokasi bencana Jatim adalah berupa selimut dan makanan. Sedangkan kebutuhan terkait obat-obatan, sudah dipenuhi dari pemerintah pusat.

"Kemarin (yang dibutuhkan) masih seperti makanan dan selimut. Untuk obat-obatan sudah dicover dari beberapa dan pemerintah pusat. Sehingga kita (kirim bantuan) yang belum saja," kata dia.

Dia berharap, jangan sampai bantuan yang dikirim pemkot itu nantinya akan menumpuk di lokasi bencana. Sedangkan barang yang dibutuhkan untuk para korban justru tidak tersedia.

"Jadi jangan sampai kebutuhan A menumpuk, sedangkan kebutuhan B kurang. Sehingga harapan kami sama saudara yang kurang itulah yang bisa kami support dari Pemkot Surabaya," kata dia.

Selama ini, Wali Kota Eri menyatakan, sering berkomunikasi langsung dengan para kepala daerah di Jatim. Demikian pula dengan kepala daerah Pacitan, Trenggalek, Blitar dan Malang yang wilayahnya sekarang tertimpa musibah bencana alam.

"Sesama kepala daerah di Jatim itu kita biasa kontak-kontakan seperti teman. Ketika tahu ada kejadian (bencana alam) seperti itu, maka seperti biasanya kami membuka posko," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nomer Rekening Bangga Surabaya Peduli

Posko Bangga Surabaya Peduli telah didirikan di halaman Balai Kota Surabaya sejak Selasa (19/10. Posko tersebut dibuka mulai pukul 07.30 - 17.00 WIB. Masyarakat bisa langsung mengunjungi posko ini dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan korban bencana alam.

Selain barang, masyarakat juga bisa mengirimkan bantuan berupa uang tunai melalui rekening Bangga Surabaya Peduli pada nomor 0013444439 (Bank Jatim). Nantinya seluruh bantuan yang telah dihimpun tersebut, akan disalurkan kepada daerah yang tengah tertimpa musibah bencana alam di Jatim.

"Kami harapkan ketika nanti ada masukan atau bantuan apapun yang diberikan oleh warga Surabaya akan kami sampaikan ke empat daerah itu. Jadi kami kontak-kontak dengan kepala daerahnya butuhnya apa," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.