Relawan dari Pamekasan Datang ke Malang Bantu Penanganan Korban Kanjuruhan

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 19:00 WIB
Potret Tragedi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 127 Orang
Perbesar
Petugas keamanan menahan seorang suporter saat kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. "Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. (AP Photo/Yudha Prabowo)

Liputan6.com, Malang - Relawan Pamekasan yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) mengirim bantuan kemanusiaan ke Malang guna membantu penanganan korban tragedi Stadion Kanjuruhan yang dirawat di sejumlah rumah sakit setempat.

Menurut Koordinator tim Relawan Penanggulangan Bencana Pamekasan Chandra Kirana, tim relawan itu diperbantukan untuk mengevakuasi korban yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Saiful Anwar Malang.

"Ada dua orang yang membantu di sana," kata Chandra di Pamekasan, dilansir dari Antara, Minggu (2/10/2022).

Lebih lanjut, Chandra menjelaskan bantuan kemanusiaan oleh Forum Relawan Penanggulangan Bencana Pamekasan itu, setelah pihaknya menerima informasi dari grup whatshap relawan se Jawa Timur terkait banyaknya warga yang meninggal dunia dan luka dalam tragedi itu.

Menurut dia, informasi awal tentang jumlah korban meninggal dunia sebanyak 40 orang (saat ini data resmi pemerintah merilis 129 orang) dan ratusan lainnya sesak nafas, sedangkan penanganan oleh petugas terbatas.

"Karena itu, kami langsung memberangkatkan dua orang untuk membantu penanganan korban di sana," katanya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono membenarkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Malang itu.

"Benar, saat ini memang sudah di Malang," ujar Budi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menko PMK

Sementara itu, berdasarkan data terbaru yang dirilis Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi menyebutkan jumlah korban meninggal dunia dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur usai pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 bertambah menjadi 129 orang.

Kericuhan ini bermula saat ribuan Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah atas Persebaya Surabaya dengan skor akhir 2-3.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya