BI Kediri Kenalkan Uang Baru Emisi 2022 kepada Penyandang Disabilitas

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 18:00 WIB
Penampakan Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022 yang Resmi Digunakan pada HUT ke-77 RI
Perbesar
Melihat penampakan Uang Rupiah baru (instagram/bankindonesia)

Liputan6.com, Kediri - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Jawa Timur menggelar sosialisasi uang baru tahun emisi 2022 kepada penyandang disabilitas sehingga diharapkan mereka lebih memahami karakter uang baru tersebut.

"Kami adakan agar saudara-saudara kami yang secara fisik tidak bisa melihat uang itu, bisa mengenali ciri uang asli terbitan tahun emisi 2022," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kediri M. Choirur Rofiq di Kediri, dilansir dari Antara, Sabtu (1/10/2022).

Ia menjelaskan uang tahun emisi 2022 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada penguatan untuk para penyandang disabilitas.

Seperti, uang baru lebih kasar kertasnya ketimbang emisi tahun sebelumnya sehingga bisa lebih membantu saat meraba untuk menentukan nilai nominalnya.

Selain itu, juga ada blind code yang merupakan kode untuk tuna netra. Secara ukuran uang tahun emisi 2022 sangat berbeda dengan ukuran uang emisi tahun sebelumnya.

Kegiatan sosialisasi itu diikuti sekitar 40 orang disabilitas warga Kabupaten Kediri. Peserta juga diajak permainan untuk mengenal uang tahun emisi 2022 dan hasilnya peserta sudah bisa membedakan.

"Mereka membutuhkan waktu, namun semakin sering mereka meraba (uang emisi tahun 2022) semakin hapal," kata Choirur Rofiq.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Deteksi Uang Baru

Sementara itu, salah seorang peserta Angger mengaku senang bisa ikut acara tersebut dan menjadi lebih mudah mengenali uang tahun emisi 2022.

"Sosialisasi ini sangat membantu bagi kami, karena memudahkan mendeteksi uang daripada yang sebelumnya. Di yang baru ini kami lebih mudah memahaminya dan simbol-simbol sangat membantu," kata pria berusia 25 tahun tersebut.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya