Logistik Pilkades Situbondo Didistribusikan Pekan Depan

Oleh Hermawan Arifianto pada 29 Sep 2022, 20:06 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 20:06 WIB
Ilustrasi Pilkades serentak kabupaten Situbondo. (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi Pilkades serentak kabupaten Situbondo. (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo - Pemkab Situbondo akan mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa (Pilkades) pada H-3 atau Senin 3 Oktober 2022, ke kecamatan dan desa peserta pilkades.

Logistik yang didistribusikan ke setiap TPS terdiri dari kotak suara, bilik suara, alat coblos, tinta hingga surat suara. Pemilihan kepala desa serentak di 17 desa yang tersebar di 14 kecamatan, sesuai jadwal dilaksanakan pada 6 Oktober 2022 mendatang.

“Persiapan pilkades terus kami lakukan, dan diharapkan bisa terlaksana lancar, aman dan sukses. Saat ini kami tengah persiapan mengenai pendistribusian logistik,”ujar Bupati Situbondo Karna Suwandi, Kamis (29/9/2022).

Karna menyebutkan dari 17 desa yang melaksanakan pilkades, ada beberapa desa prioritas yang akan mendapatkan perhatian khusus. Namun, dia memastikan sudah melakukan berbagai antisipasi agar pilkades berjalan aman dan damai. Termasuk juga dalam proses pendistribusian logistik.

“Mengenai pengamanan pilkades, kami pastikan pelaksanaan bisa berjalan baik dan lancar dan aman,”tuturnya.

Sementara itu, pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa tetap akan dilakukan oleh tim dari TNI/Polri dan petugas lainya. Di masing-masing TPS nantinya mendapatkan satu kotak suara dan tiga bilik.

"Total surat suara sekitar 64 ribu lembar untuk 17 desa," paparnya.

Untuk jumlah TPS di setiap desa berbeda, dan menyesuaikan jumlah daftar pemilih tetap masing-masing desa, yang setiap TPS maksimal 500 pemilih berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


750 Personel untuk Pengamanan

Polres Situbondo menyiapkan 750 personel untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di 17 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan.

“Kami juga sudah memetakan desa-desa yang memiliki potensi konflik di Pilkades Serentak yang berlangsung pada 6 Oktober 2022 nanti,”kata Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya

Andi Sinjaya mengatakan ratusan personel yang disiapkan Polres Situbondo nantinya disebar di 17 Desa di 14 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades Serentak 2022.

“Sebanyak 750 personel Polres Situbondo yang kita siapkan, itu untuk mengamankan dan menjaga pelaksanaan Pilkades Serentak di 17 Desa di 14 Kecamatan,” tambahnya

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan desa-desa rawan atau berpotensi konflik pada Pilkades Serentak 2022. Hanya saja, kapolres Andi enggan menyebutkan desa mana saja yang berpotensi atau rawan konflik tersebut.

“Yang pasti kita sudah petakan desa-desa rawan konflik di Pilkades Serentak 2022. Desa-desa ini tentu mendapat perhatian khusus dan pengamanannya ekstra,”tegasnya.

Ia juga menjelaskan, pengaman Pilkades juga didukung TNI dari Kodim 0823 Situbondo, Satpol PP, dan Linmas dalam mengamankan dan menjaga Pilkades Serentak.

“Personel gabungan nantinya diterjunkan bersama mengamankan dan menjaga secara maksimal pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Situbondo. Harapan kita, Pilkades Serentak benar-benar aman, tertib dan sesuai harapan bersama,”tambah AKBP Andi Sinjaya.

Infografis Indonesia Masuk Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Indonesia Masuk Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya