Sukses

631 Warga Banyuwangi Serbu Pendaftaran Panwascam, Difabel Hanya 1 Orang

Mengenai kuota keterwakilan perempuan dan jumlah pendaftar minimal di setiap kecamatan semuanya sudah terpenuhi.

Liputan6.com, Banyuwangi Pendaftaran calon anggota Panitia Pemilu (Panwascam) Banyuwangi resmi ditutup 27 September 2022. Total ada 631 warga yang mendaftarkan, terdiri 439 laki-laki dan 192 perempuan. Dari jumlah tersebut, terdapat satu pendaftar difabel dari Kecamatan Tegaldlimo.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Banyuwangi Anang Lukman Afandi mengatakan, dibanding pilkada 2020 lalu, antusiasme masyarakat meningkat 10 persen di pemilu 2024 ini. Pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Banyuwangi dan yang terendah ada di Kecamatan Wongsorejo.

"Dari ratusan peserta ada satu difabel dari Kecamatan Tegaldlimo yang turut mendaftar. Berkasnya sudah kita cek dan lengkap," kata Anang, Kamis (29/9/2022).

Mengenai kuota keterwakilan perempuan dan jumlah pendaftar minimal di setiap kecamatan semuanya sudah terpenuhi.

"Jadi keterwakilan 30 persen perempuan di masing-masing kecamatan semua sudah terpenuhi," ujarnya.

Setelah pendaftaran ditutup langkah selanjutnya adalah penelitian atau seleksi berkas. Baik berkas pendaftar berupa hardfile atau berkas yang diajukan secara online lewat e-mail. Penelitian akan dilangsungkan dalam tempo tiga hari mendatang.

"Penelitian ini dilakukan terkait keabsahan dan kelengkapan berkas. Apakah berkas tersebut memenuhi syarat atau tidak,"

Hasil penelitian selanjutnya akan diumumkan pada 12 Oktober 2022. Pendaftar yang dinyatakan lolos bakal mengikuti tahapan lanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes CAT

"Bagi yang dinyatakan lolos selanjutnya mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT)," ujarnya.

Mengenai kemungkinan perpanjangan masa pendaftaran, Anang menyebut hal itu peluangnya kecil. Karena kuota pendaftar di Banyuwangi semuanya sudah terpenuhi.

"InsyaAllah tidak ada masa perpanjangan untuk di Kabupaten Banyuwangi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.