631 Warga Banyuwangi Serbu Pendaftaran Panwascam, Difabel Hanya 1 Orang

Oleh Hermawan Arifianto pada 29 Sep 2022, 15:06 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 15:06 WIB
Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi (Istimewa)
Perbesar
Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi Pendaftaran calon anggota Panitia Pemilu (Panwascam) Banyuwangi resmi ditutup 27 September 2022. Total ada 631 warga yang mendaftarkan, terdiri 439 laki-laki dan 192 perempuan. Dari jumlah tersebut, terdapat satu pendaftar difabel dari Kecamatan Tegaldlimo.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Banyuwangi Anang Lukman Afandi mengatakan, dibanding pilkada 2020 lalu, antusiasme masyarakat meningkat 10 persen di pemilu 2024 ini. Pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Banyuwangi dan yang terendah ada di Kecamatan Wongsorejo.

"Dari ratusan peserta ada satu difabel dari Kecamatan Tegaldlimo yang turut mendaftar. Berkasnya sudah kita cek dan lengkap," kata Anang, Kamis (29/9/2022).

Mengenai kuota keterwakilan perempuan dan jumlah pendaftar minimal di setiap kecamatan semuanya sudah terpenuhi.

"Jadi keterwakilan 30 persen perempuan di masing-masing kecamatan semua sudah terpenuhi," ujarnya.

Setelah pendaftaran ditutup langkah selanjutnya adalah penelitian atau seleksi berkas. Baik berkas pendaftar berupa hardfile atau berkas yang diajukan secara online lewat e-mail. Penelitian akan dilangsungkan dalam tempo tiga hari mendatang.

"Penelitian ini dilakukan terkait keabsahan dan kelengkapan berkas. Apakah berkas tersebut memenuhi syarat atau tidak,"

Hasil penelitian selanjutnya akan diumumkan pada 12 Oktober 2022. Pendaftar yang dinyatakan lolos bakal mengikuti tahapan lanjutan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tes CAT

"Bagi yang dinyatakan lolos selanjutnya mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT)," ujarnya.

Mengenai kemungkinan perpanjangan masa pendaftaran, Anang menyebut hal itu peluangnya kecil. Karena kuota pendaftar di Banyuwangi semuanya sudah terpenuhi.

"InsyaAllah tidak ada masa perpanjangan untuk di Kabupaten Banyuwangi," tandasnya.

Infografis Ragam Tanggapan Pembatalan Program Konversi Kompor Gas ke Kompor Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Pembatalan Program Konversi Kompor Gas ke Kompor Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya