Operasi Pasar Lumbung Sasar 2 Pasar di Kota Probolinggo

Oleh Hermawan Arifianto pada 27 Sep 2022, 22:02 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 22:02 WIB
Operasi pasar Lumbung Pangan Jawa Timur di Kota Probolinggo. (Istimewa)
Perbesar
Operasi pasar Lumbung Pangan Jawa Timur di Kota Probolinggo. (Istimewa)

Liputan6.com, Kota Probolinggo - Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim menyasar dua pasar di Kota Probolinggo yaitu Pasar Baru dan Pasar Wonoasih.

Kepala DKUPP Kota Probolinggo Fitriawati mengatakan, operasi pasar bertujuan membantu masyarakat sekaligus sebagai upaya stabilisasi harga terkait pengendalian inflasi di daerah. Operasi pasar ini akan berlangsung hingga akhir tahun.

"Sesuai dengan instruksi bu gubernur, operasi pasar ini diadakan mulai bulan September hingga Desember mendatang.,” kata Fitriawati.Selasa (27/9/2022)

Informasi terkait Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim tersebut sudah diterima oleh banyak masyarakat. Dengan demikian, dirinya meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan momen tersebut.

“Silakan manfaatkan operasi pasar ini. Ini harganya sangat murah, sesuai dengan arahan Pemprov Jatim,” tandasnya.

Ratusan warga terpantau membeli kebutuhan pokok. Seperti beras, bawang merah, cabai rawit, minyak goreng, telur ayam ras dan daging ayam.

Dua pasar disiapkan beras sebanyak empat ton, bawang merah 100 kg dan lombok 118 kg, minyak goreng sekitar 500-1000 liter, telur 300 kg dan daging ayam ras.

Tidak ada persyaratan khusus bagi warga yang hendak membeli bahan pokok di operasi pasar.

“Antusiasnya cukup besar, ya. Terlihat mulai dari buka stand jam enam tadi, masyarakat berbondong-bondong membeli. Sasarannya merata, semua warga boleh (membeli), sesuai dengan keinginan pemerintah,” imbuhnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Harga Lebih Murah

Salah satu pembeli, Yeti, mengaku sangat terbantu dengan adanya operasi pasar tersebut. Perbandingan harga yang lebih murah membuat dirinya rela datang jauh-jauh dari kawasan Mastrip, untuk mendapatkan 10 kilogram beras, cabai rawit 200 gram dan bawang merah 500 gram.

“Ya kalau bisa ada lagi, biar masyarakat kayak saya senang dan terbantu. Kan sekarang semua harga naik semua, ya sembako, ya BBM. Kalau ada operasi pasar ini kan enak. Saya tahu informasi ini dari medsos,” ujarnya.

Hal serupa juga dirasakan Muhamad Soleh, warga Kebonsari. Dia merasa sangat terbantu dan membeli beras 2 sak.

"Murah ini dibanding harga pasaran, walaupun selisihnya nggak banyak tapi kalo diping (dikalikan jumlah pembelian, red), lumayan. Sering-sering aja ya. Jangan sekali ini aja,” timpalnya.

Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya